Sabtu Seru di #BrilioCorner

Assalamu'alaikum! Saat ini hari Sabtu dan Minggu jadi hari yang aku tunggu-tunggu. Sebelumnya mah biasa aja. Soalnya Sabtu aku ada ...

Assalamu'alaikum!

Saat ini hari Sabtu dan Minggu jadi hari yang aku tunggu-tunggu. Sebelumnya mah biasa aja. Soalnya Sabtu aku ada jadwal kuliah :/ Nah, lain sama sekarang. Aku lagi kerja praktik dari Senin-Jum'at dan mengharuskan aku pulang pergi Bekasi-Serpong. Lelah sangat. Jadi begitu Jum'at berakhir, huwaaaaaaaaaaa ku senang sekalililililiililililliiiiiiiiii~


Sabtu, 19 Agustus lalu aku nggak tidur-tiduran doang di rumah. Bareng komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan beberapa di antaranya ada temen-temen di grup WA Blogger Jabodetabek, aku pergi ke kantor brilio.net. Pasti tau Brilio, dong? Media yang menyajikan konten seru dan pastinya sering kamu baca. Aku sendiri baca gara-gara LINE Today. Nggak selalu buka tiap hari, tapi cukup sering.

Awalnya aku janjian sama Dian di stasiun Bekasi pukul 9 pagi. Tapi aku agak telat bangunnya, belum siapin apa-apa, dan pas jam segitu aku harus sarapan dulu. Akhirnya aku bilang Dian duluan aja. Setelah beres sarapan, aku langsung pergi dan olahraga. Olahraga lari ngejar kereta yang mau berangkat. Pas di Stasiun Bekasi kereta udah siap pintunya ditutup dan aku masih nge-tap. Pas di Stasiun Manggarai juga sama, aku masih nyebrang, kereta udah mau berangkat. Jadilah aku lari-lari udah kaya apatau. Dengan perjuangan lari-lari itu,aku bisa sampe ke kantor brilio pukul 11.00. Yak, tepat banget!!!

Begitu sampe di sana, aku masih harus olahraga dengan naik tangga ke lantai 3. Ini salah aku, sih. Nggak tau kalo ada lift._. Dan mayoritas temen-temen blogger waktu itu juga bernasib sama. Kudu naik tangga padahal ada lift. Hahaha. Kita mah coba menjalankan hidup sehat yak sebenernya?

Kantornya nggak gede-gede amat, tapi keliatan asik gitu. Setelah menyapa beberapa teman, kami dipersilakan masuk ke ruangan tempat kami 'belajar' nantinya.
Rasanya mau bawa pulang bangkunya sebiji. Sumber  : ig-nya Dian (@dianhendrianto)

Acara belum dimulai, kami diajak ngobrol dikit sama Ka Josie yang jadi MC hari itu. Lalu pukul 11.30 sampai 12.30, kami dipersilakan makan siang. Yuhuuuu~ Mamam gratis :p

Abis kenyang, waktunya belajar! Teng teng teng teng *ceritanya bel sekolah*

Sharing session yang pertama dari Titis Widyatmoko (Editor in Chief Brilio) yang kasih tau gimana cara sukses menulis konten viral.

Mas Titis mengawali sesi ini dengan memberitahu perjuangan Brilio di awal hingga bisa menjadi media dengan audiens paling banyak di Indonesia, terutama anak muda. Brilio mulai online 18 Maret 2015, dan pencapaian setelah dua tahun ini adalah pengunjung sebanyak 22 juta dan pageviews 120 juta! Wow!

Kuncinya? Yang pertama adalah kita harus tau kalo jaman udah berubah. Dari situ kita bisa memberi konten yang pas dan disukai audiens. Rumusnya yaitu : anak muda suka yang lucu dan unik, anak muda gampang tergugah nuraninya, anak muda suka kisah inspiratif, anak muda selalu igin terpuaskan rasa penasarannya, anak muda selalu ingin tahu, dan mudah terkejut. 

Setelah itu, ada Andry Trisardi, Reporter Brilio yang berbagi cara menggali ide-ide konten yang viral. 
Beberapa tips yang Sabila catet di hp nih:

Bersahabat dengan media sosial
Sumber yang viral itu dari media sosial, jadi harus bersahabat dong pastinya. Hampir semua informasi menarik ada di medsos.

Melihat sisi lain dari sebuah peristiwa
Misal ada peristiwa apa nih, nah itu dikemas dengan cara yang menarik dan beda. Nggak pasaran gitu.
Memberi perhatian khusus pada peristiwa yang membangkitkan emosi atau simpati
Biasanya banyak yang share nih. Bagus, sih. Jadi menggunakan medsos buat peduli sama orang lain.

Meme, meme, dan meme
Millenials itu suka meme! Aku sendiri suka ngakak kalo liatin meme. Kadang receh, tapi entahlah. Pokoknya mah yang penting ketawa aja.
Btw Brilio merupakan salah satu pionir sebagai media yang menyajikan konten dalan bentuk meme, loh!

Paham kalo milenial itu kepo, terobsesi dengan kehidupan para pesohor
Siapa yang follow akun ig lambe-lambe-an? :p Aku nggak follow, sih. Pernah ngintip doang. Dan followersnya emang cukup banyak, ya. Bukti kalo kehidupan orang terkenal di luar sana banyak yang pengen tau.
Cari informasi yang bernilai praktis
Kita harus menyajikan sesuatu yang bermanfaat buat pembaca. Misalnya tulisan himbauan matiin lampu dari Lapan, 10 makanan yang bisa dibikin pake rice cooker, resep masakan, tips trick mix and match pakaian, dan sebagainya. Temenku ada yang suka nontonin video di akun instagram yang isinya tentang menghias kue-kue gitu. Misal kuenya berbentuk kucing atau apa. Emang menarik sih buat dibaca atau diliat. 
Memilih ide yang familiar dengan masyarakat
Kenapa? Karena sesuatu yang akrab di telinga masyarakat lebih disukai.

Mas Titis dan Mas Andry

Setelah sharing session ada tanya jawab, dan salah satu yang aku inget itu jawaban Mas Titis tentang salah satu kunci konten yang menarik dibaca adalah konten yang pake angka atau listical gitu. Teks-nya juga jangan panjang-panjang, sekitar 2500 karakter aja kecuali yang emang explanation. Jadi lebih banyak dikasih gambar aja.

Untuk hal yang satu ini aku nggak biasa, karena emang di blog kerjaannya curhat sih ya. Curhat cuma 2500 karakter mah baru pembukaan itu.


Oke, setelah dikasih tips super bermanfaat, ada lomba nulis konten selama 40 menit-an. Harus nulis tema anak muda dengan isu hangat, nggak boleh lebih dari 2000 karakter dan harus ada minimal 3 gambar!

Seperti yang aku bilang di atas, aku nggak biasa nulis kayak gitu. Hahaha. Begitu mulai, aku bingung sendiri. Mau nulis apa? Aku bengong cukup lama, terus mainin hp, dan akhirnya ngetik nggak jelas di laptop. Ujung-ujungnya mengalir aja itu nulisnya. Terus kepanjangan dong~~ Aku pangkas dikit dikit, masih lebih juga dari 2000 karakter. Yoweslah biarin!!! Aku udah bingung mau hapus yang mana lagi -_-

Kami coffee break bentar sebelum masuk ke sharing session berikutnya: Maximizing Social Media. Kali ini yang berbagi ilmunya adalah Aldio Judisya, Social Media Manager Brilio.

Mas Aldio kasih tau seberapa penting medsos nge-boost konten kita, apa yang harus dilakukan dan medsos apa yang harus digunakan. Masing-masing media sosial itu punya karakteristik sendiri. Misalnya Facebook bisa kita gunain kalo nggak mau repot, punya beragam jenis konten, atau Instagram kita pake kalo punya branding yang baik, punya kualitas foto dan video yang oke. 

Kita harus memilih secara bijak, dan analisis! Analisisnya apa aja? Misal audiens kita siapa, kapan waktu yang tepat, dan ngomongin apa. Kalo misalnya udah tau itu semua, boost!

Yang paling penting adalah konsisten, bermain dengan semua fitur (karena semua fitur punya masing-masing punya audiens) dan have fun. Kenapa harus have fun? Kalo kita ngelakuinnya aja nggak seneng, gimana audiensnya bisa suka?


Belum selesai sampai di situ, Brilio menghadirkan Marlo Ernesto untuk berbagi dengan kami yang dikemas dalam bentuk talkshow. Marlo ini anaknya asik gitu, ya. Lucu juga. 

Marlo cerita awalnya dia bikin video pas SMP itu iseng doang buat lucu-lucan temennya. Terus ternyata dia sampe sekarang nggak bisa (malah geli, katanya) kalo ngevlog yang ngikutin aktivitas dia sehari-hari ngomong "Hey, guys! Gue lagi di blablabla" gitu. Dia selama ini kalo bikin video ya di rumah, di kamar. Ngomong sendiri depan kamera, atau ngajak kakak dan mamanya. Karena pada dasarnya dia nggak terlalu suka di tengah keramaian. 

Marlo juga bilang dia nggak mau bawa-bawa nama besar ayahnya. Dia anaknya Andy F Noya, ternyata. Ku baru tau. Hahaha. Dia sampe nyuruh kakaknya buat ganti username yang sebelumnya ada kata Noya-nya, terus hapusin foto yang ada sang ayah. Dia nggak mau orang sebut kesuksesan dia dengan embel-embel "Anaknya Andy F Noya, sih!" atau sebagainya. Tapi sekarang karena banyak orang yang udah tau juga, jadi dia udah nggak masalah majang foto sama ayahnya.
Mas Josie dan Marlo sebelum turun panggung~

Talkshow sama Marlo jadi penutup di acara #BrilioCorner pertama ini. Yap, kami jadi tamu pertama Brilio di #BrilioCorner!
Sebelum benar-benar pulang, ada pengumuman pemenang lomba nulis dan tak lupa foto-foto.

Terima kasih Brilio dan Komunitas ISB! Sampai jumpa lagi :3

Pokoknya mah hari Sabtu ku seru! Sabtu mu gimana?




Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing

You Might Also Like

14 komentar

  1. Sejujurnya saya selalu menghindari baca postingan kayak gini.udah aja alasannya. IRI. Hahahaha.. yagimana. Sebagai org yg pengin kutikutan acara begitu, ditambah lagi ada temen2 lainnya juga kan asyik ya. Nambah ilmu nambah temen sekalian main ledek2an.

    Di sini pernah ada acara menulis gitu. Saya ikut. Tapi katna gada temen yg mau ikut. Jadinya sendirian. Dan peserta lainnya malah anak sekolahan. Bisa diakrabin, tapi ya mereka masih hormat gitu. Ngeledeknya dgn cara sopan. Sekalinya ada kumpul blogger, isinya pada pejuang adsense dan iklan semua. Ngomongnya ttg uang uang dan konten yg kelikabel. Berasa cupu dan tersisihkan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini Haw ke Jakartaaaaaa! Nanti dateng ke beragam event sama anak-anak Jabodetabek haha. Penasaran juga pengen ketemu Haw langsung!

      Jadi kakak dong ya di acara menulis itu. Nggakpapa, deh. Jadi punya adik banyak. Ada yang akrab sampe sekarang nggak?
      Yaaah. Kalo aku mah selain ngerasa cupu, pasti ngerasa bosen jg dah kayanya kalo bahas gituan semua hahahaha

      Delete
  2. Nggak nyesel datang jauh-jauh dari Jakbar buat dateng ke kantornya! Asik! Dapet banyak ilmu baru, lagi! XD

    ReplyDelete
  3. Jadi yang disasar milenial mulu yak, unik inspiratif lucu, kasihan yg dah tua kontennya terbatas dong

    ReplyDelete
  4. ((olahraga ngejar kereta))
    Jadi inget bertualang sama Dian. :)) Tapi emangnya lari kayak gitu menyehatkan? :p

    Lengkap banget tipsnya dibahas semua. Hahaha. :D

    Dan Marlo entah kenapa bahas Awkarin mulu. Menggelikan, tapi ya lucu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggaktau juga sih menyehatkan apa enggak. Soalnya abis itu langsung... Ngosngosan parah. Ketauan ngga pernah olahraga dah.

      Iya, lagi rajin. Dan sayang catetan di hp kalo nggak ditulis haha.

      Bikin ngakak!

      Delete
  5. Lho, Marlo anaknya Andy F. Noya? Waktu itu pernah sekilas nonton Kick Andy bintang tamunya Marlo Ernesto. Jadi, itu kayak... acara temu keluarga ya? Wah, wah, keren juga.

    Dari sekian banyak tips, saya nggak akan kuat di konten kurang dari 2500 karakter. Memang sulit untuk si anak tukang curhat. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku juga baru tau, Rob. Hahaha acara temu keluarga. Macam tali kasih gitu ya.

      Samaaaaaaaa! 2500 karakter bagi blogger curhatan kayak kita mah itu hanya upil ya :")

      Delete
  6. Thanks for sharing amazing information !!!!!!
    Please keep up sharing.

    ReplyDelete
  7. Much obliged to you for sharing such an enlightening data with us. Continue sharing the blog this way.

    ReplyDelete
  8. Blogs are something that I like to read. People describe a lot here.

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.