*tidur*

Assalamu'alaykum Apa kabar? Hehehe Pernah harus mengerjakan 180 soal dalam kondisi baru tidur satu jam? Nih, aku mau cerita tenta...

Assalamu'alaykum

Apa kabar?
Hehehe

Pernah harus mengerjakan 180 soal dalam kondisi baru tidur satu jam?

Nih, aku mau cerita tentang tes tulis USM STAN kemarin. Yang mau baca ya monggo, yang enggak yaudah hehe.

Tes tertulis usm stan itu tanggal 21 Juli 2013. Aku sih udah melakukan persiapan, dengan apa? ya belajar :p haha belajar sendiri, modal buku latihan soal gitu aja sih. Terus buat TBI-nya, baca artikel grammar di zeniusenglish.com. Lumayan membantu lah.

H-1, aku masih belajar, latihan soal-soal gitu. Terus udah diniatin nggak boleh tidur kemaleman, karena takut kehilangan konsentrasi. Soalnya pernah pas uas pelajaran matematika, konsentrasi buyar akibat tidur kemaleman.. Sampe nangis dulu -___- Jadi, jam 10 malam udah siap untuk tidur. Semua persiapan buat besok juga udah siap banget. Pakaian, perlengkapan yang harus dibawa, semua udah siap.

Sebelum tidur wudhu, terus kebet kebetin kasur-bantal sambil ucap ta'awudz+basmallah, baca do'a mau tidur. Tidurnya hadep ke kanan. Merem deh. Tapi, kok nggak tidur tidur.............. Yaudah tuh usahain nggak jadi mikir apa-apa karena belum ketiduran juga. Baca istighfar terus dalam hati. Kosongin pikiran. Eh belum tidur-tidur juga.
1 jam................
2 jam................
3 jam................
Udah dini hari! Belum tidur juga :( Padahal udh ngantuk luar biasa.

Mama tau aku belum tidur, akhirnya pijit pijitin gitu, biar ngerasa enakan gitu badannya jadi bisa tidur deh akunya. Tapi nyatanya belum bisa juga. Udah baca-baca surat pendek, dengerin murottal, sambil dipijitin pula tapi nggak tidur tidur juga. Aku sampe nangis. Kalo besoknya nggak ada tes sih nggak masalah. Tapi ini ada tes. Stan pula. Stres deh. Takut nggak bisa mikir. Tidur kan pengaruh banget buat otak.
Udah jam 01.30. Aku masih merem terus, berharap langsung lelap gituh. Tapi nggak juga. Sempet kepikiran udahlah nggak usah tidur aja sekalian. jam 3-an jg harus bangun huhuhu.

Jam 2 lewat, akhirnya mama bangunin ayah, minta beliin tolak angin. kan bisa buat kurang tidur tuh (ide aku sih -_-) terus mama masak air, buat dikompresin ke aku. Airnya itu ditaro di botol air minum, terus botol yang diisi air panas itu di tempelin (dipegang tangan, nggak pake lem :p) di daerah perut. Setelah minum tolak angin, terus dikompres air panas, lama-lama akhirnya aku ketiduran. Alhamdulillah. Bangun bangun udah jam setengah 4 kurang. Langsung deh mandi, tapi pake air anget. Yakin banget lah aku pasti masuk angin.
Hawa badan aku panas gerah gitu. Kalo aku kurang tidur, pasti kaya gitu. Badan sakiiitt semua. Kuping kuping sakit. Dada nyesek gimanaaa gitu terus detak jantungnya kaya kerasa banget(?) Kepala pusing luar biasa. Tidur cuma sejam. Yah, tapi mau gimana lagi. Harus usaha terus buat tes walaupun kondisinya nggak memungkinkan. Mama juga kasian banget jadinya nggak tidur semenit pun gara-gara aku, soalnya jam 2 lewat itu mama langsung masak buat sahur :'(

Aku bilang sama mama, kalau nanti susah mikirin jawaban soal-soal tesnya, nggak konsen gimana. Mama bilang "Udah nggak usah dipikirin. Lolos atau enggak, bisa atau enggak urusan Allah. Berdo'a aja. Mama tau usaha kamu keras banget. Nggak usah khawatir, pasti dikasih yang terbaik sama Allah." Oke, pasrahkan pada Allah.

Aku sebenernya nggak ngerti kenapa bisa susah tidur gitu. Kalo dugaan mama ada 2:
1. Kebanyakan belajar (padahal engga juga ah. Kalo capek belajar aku pasti tidur tiduran, twitteran. lempar-tangkep-lempar-tangkep apa yang bisa dilempar dan ditangkep, biasanya sih sisir haha [kebiasaan yg aneh])
2. Asam lambungnya naik atau apaa gitu katanya. Jam 9-an aku minum ****** ***** (clue: ion tubuh) dan kata mama itu kurang bagus buat aku yg bermasalah dengan lambung. huhuhuhu.

Yaudah. Tes mau nggak mau bakalan tetep harus dihadapi. Biar agak kuatan dikit, aku ditempelin koyo banyak banget. Koyo cabe. Iya, kalo nggak gitu aku udah muntah muntah. Kemarinnya aja yg tidur 3 jam (iya, susah tidur juga) udah mual, apalagi sejam. Udah deh tuh ditempelin koyo di leher, punggung, perut, lengan dan lainnya. Banyak lah. Nggak panas bil? Ya panas lah. Tapi ya enakan dikit sih.

Sebelum subuh, aku udah berangkat menuju rumah ikaw. Mama dibonceng kakak yang kedua, aku dibonceng ayah. Pas ke rumah ikaw, malah kelewatan pula. Lumayan jauh lewatnya. Abis nggak keliatan tulisan yg buat masuk ke gang rumah dia. Untung pas udah nyampe perumaha apaa gitu jadi nyadar kok kayanya ngga lewat ginian dulu. Akhirnya nelpon ikaw ternyata itu kelewat cukup jauh katanya -__________- Yaudah balik, pas udah sampe rumah sakit anna, nelpon ikaw lagi masih jauh apa engga. Dan ternyata udah deket yaudah akhirnya ketemu juga gang rumahnya. Nyampe deh! Sesampainya di laut rumah ikaw, langsung sholat subuh terus ke toilet (beserr -___-) terus berangkat deeehhh.

Ternyata cepet banget nyampenya! Aku udah nyampe STAN jam 6 lewat dikit. Waduuhh. Pagi amatt haha. Tapi ternyata di sana udah lumayan rame. Nyampe sana, liat air mancur stan itu loh haha terus langsung nyari student centre, tempat tes aku dan tujuan pertamanya cari toilet! Haha terus duduk duduk di tangga gitu bareng peserta lainnya. Udah bisa sih masuk ruangan tesnya, tapi nanti aja deh, masih lama. Lagian, aku masih butuh ke toilet. hahaha aku tuh ke toilet sampe 4 kali. Bukan karena grogi. Tapi karena pas sahur kan minumnya banyak, jadi beser deh -_- Pas keempat kalinya, aku bilang "ini yang terakhir! ini yang terakhir!" hahaha soalnya udah cape bolak balik dan ngantrinya.

Jam 07.30, aku mulai naik ke atas. Aku kan tes di student centre, bagian tribun kiri. Seriusan deh. Bingung banget nyari tempat duduk aja -____- Aku dua kali bolak balik, sempet nyasar ke tribun kanan. Terus akhirnya masuk tuh ke tribun kiri. Kan tempat duduknya kaya di gor, gbk gitu tuh. (Di tribun nggak pake meja. Yang di bawah enak bgt pake meja kursi bagus.) Aku nyari kan tuh dari ujung kiri, liat nomornya. Naik turun tangga. Di barisan yang satu nggak ada, ke barisan lain, naik tangga lagi, turun lagi. Nggak ada lagi, cari ke barisan lainnya. Aku bingung sama pengaturan nomornya gimana. Terus pas barisan kesekianlah, udah ngos-ngosan, keringetan, akhirnya aku ngerasa udh tau cara pengaturan bangkunya. Memanjang gitu. Waduh. Berarti kemungkinan aku duduknya di bagian yg situ, pojok sebelah kanan kalo nggak tengah. pffftttt :/ salah udah. Eh kebetulan ketemu kakak pengawasnya. Yaudah nanya aja dengan muka keringetan-pucet-melas

"kak, kalo nomor ini di mana ya duduknya?" *nunjukin bukti peserta ujian* 
"Oh, ini di atas situ dek. Jadi sistemnya itu kaya uler tangga gitu" kata kakak pengawas yang pake baju batik, badannya agak berisi, putih dan baik karena membantuku.(sebenernya nggak penting juga sih deskripsiin) 
 "Ooooohh. Oke kak. Makasih ya."
Lalu aku ke atas, naik tangga sambil ngelap keringet di wajah dengan kerudung ungu yang kukenakan :p Pas di tengah-tengah perjalanan(kesannya jauh amat), ngeliat ke atas. Wuaaahhh senangnyaaa. Karena aku itu di paling atas. Lantai gitu. Bukan bangku-bangku lagi. Jadi......... Dapet kursi-meja ala-ala-kuliah-atau-tempat-les gituh yeaaayy. Lumayan. Badan nggak bakal pegel pegel amat karena nggak ada meja kayak temen-temen seperjuangan yang di tribun lainnya. Alhamdulillah.... Allah sangat memudahkan :')

Akhirnya.... Ketemu juga "bangku panas" itu. hehe. Langsung duduk->buka tas->ngeluarin tissue->ngelap keringet yang udah kaya apatau. Malah panas banget lagi. Padahal aku deket AC berdiri ituloh. Apa karena kondisi aku yg sangat amat kurang tidur gini ya -,- Pusyiiiingggggg!

10 menit sebelum tes dimulai, kami disuruh keluarin perlengkapan yang cuma boleh ada di sekitar kami. Pensil, penghapus, rautan, identitas, bpu. Yang lainnya nggak boleh. Tempat pensil, pensil mekanik, hp, kalkulator dan lainnya ngga boleh. Jam tangan juga ngga boleh dipake. Tas taro di depan. Okeh, turun tangga lagi, lalu naik lagi-- semangaatttss!

Teeettttttttttt! Tes dimulai. Kakak-kakak pegawas mulai bagiin lembar jawaban yang keren karena ngga perlu banyak ngurekin identitas. Identitas yang diminta cuma nomor peserta aja sama kode soal. Alhamdulillah. Tau aja aku lagi kayak gini :') Setelah itu, dibagiin soal yang dibaliknya ada petunjuk. Nggak boleh dibalik dulu sebelum disuruh. Wih keren nih. Disegel gitu soalnya. Terus pas udah dibolehin buka soal, aku buka segelnya dan taraaaa inilah soal-soal yang harus dihadapi. Bagian 100 menit pertama, ngerjain tes potensi akademik. Pret. Ngeliat halaman pertama aja udh kaya apatau. Kosakata gitu. Aduh, kata-katanya aku nggak tau sama sekali. Yaudah langsung meluncur ke hitung-hitungan. Aku seneng banget karena bagian deret bilangan gitu, ada yang deret huruf haha. Aku bisa ngerjain yang itu :p Bagian deret selesai, aku ke hitung-hitungan matematika yg lain. Sekilas liat sih susah, tapi pas aku coba liat satu-satu, Alhamdulillah punya gambaran buat ngerjainnya. Aaaaaaa seneng banget. Allah masih beri aku konsentrasi. Bener-bener dibantu sama Allah! Pokoknya ngerjain matematika senyum mulu kalau bisa ngerjainnya. Kalo nggak bisa ngerjain? Ya nggak ada ekspresi apa-apa ._.

Ohya, aku ngerasa aku tuh paling ribet dan berisik. Nyorat nyoretnya grasak grusuk. Kok kayaknya di samping aku adem ayem aja ya. Malah aku sering banget ngipas ngipasin diri pake soal, karena kegerahan. Tapi aku doang yg ngipas ngipas. Akhirnya aku sadar. Sebenernya di situ dingin. Wong ada yg pake minyak kayu putih sama banyak yg make jaket -_-  bener bener karena kurang tidur inih huhuhu

Udah berhasil ngelewatin nilai mati, aku sumringah. Ya, setidaknya lewatin. Walau yg aku kerjain belum sampe setengahnya, cuma 57 soal. Tapi aku bersyukur banget bisa kerjain sejauh itu. Soalnya aku kira aku bakalan nangis karena ngga bisa ngerjain. Nggak bisa fokus sama sekali. Eh, ternyata salah. Allah bantu aku. Alhamdulillah.

100 menit pertama habis, lanjut 50 menit buat tes bahasa inggris.

Rasanya aku udah mau pingsan. Lemes banget. Pusing luar biasa. Hawa panas gerah gitu. Tapi aku terus berdo'a supaya Allah beri aku kekuatan, kemudahan. Yang bener-bener aku andelin di tes ini cuma Allah, pertolongan Allah sama bantuan do'a mama ayah. Alhamdulillah, bahasa inggris nggak seruwet yang aku pikirin. Nnggak gampang, tapi setidaknya masih bisa beberapa soal, target aku ya lewatin nilai mati. 20 soal terakhir, nggak aku isi. Bagian reading. Aku udh nggak sanggup bacanya. Udah mumet. Bener-bener udah mau muntah. Pas TPA pun begitu, yang bacaan nggak aku baca.

Tooottttt. Waktu habis. Alhamdulillah. Akhirnya semua ini berakhir :') Sekarang, tinggal diserahkan pada Allah. Lolos atau nggak lolos, terserah Allah. Aku udah bersyukur banget masih diberi kemampuan sama Allah untuk mengisi soal, padahal rasanya.... ah pokoknya kaya berharap tiba-tiba stan umumin kalo tes diundur lusa :| Mungkin yang biasa begadang ya biasa aja, tapi aku enggak. Kalo kurang tidur efeknya parah.

Entahlah. Tes ini satu satunya tes di mana aku nggak deg degan sama sekali. Bukan karena pede banget bisa ngerjain, bukan! Salah besar.  Mungkin karena kondisinya kaya gini kali ya jadi nggak kepikiran buat deg-degan(?). Tapi yang pasti sih karena aku ditemenin mama. Seneng banget. Aku tenang kalo ditemenin mama. Pas aku tes di dalem, mama sholat dhuha, do'ain. Pas SD kalo lomba-lomba juga selalu gitu. Pokoknya aku bakalan sangat amat tenang dan yakin semuanya akan baik-baik saja :D I LOVE YOU, MAMA :*

Emang bener ya, di balik kesulitan pasti ada kemudahan.
Allah baik banget banget banget banget banget banget. Bener bener baik! Paling baik!
Alhamdulillah........

Ya, lolos apa enggaknya, aku yakin Allah pasti akan memberikan yang terbaik buat aku. Kalo aku lolos, mungkin memang di sini tempat yg baik dan Allah mau mengajari aku banyak hal dulu sebelum aku berhasil, misalnya: beryukur, perjuangan, dan lain-lain setelah kegagalan-kegagalan kemarin. Terus kalo nggak lolos, bil?Hmm mungkin kalo nggak dikasih kelolosan, Allah mau aku kerja dulu, bantuin mama ayah, bisa 'kasih' mama sama ayah, nggak nyusahin mama ayah mulu, terus tahun depan bisa biayain kuliah sendiri deh. Jadi, do'a aku bukannya nggak dikabulin sama Allah. Cuma ditunda, atau akan dikabulkan di 'tempat' yang lebih baik. Intinya satu. Allah pasti kasih yang terbaik.



Hoaaammm. Udah ah, mau tiduurrr :p

Wassalamu'alaykum :)

You Might Also Like

8 komentar

  1. akoh gabisa tidurnya pas simak, gara-gara nonton anime, wkwkwk pas simak ngantuk -__-
    yap, doa dikabulkan diwaktu yg tepat, tetep berdoa dan cemungudh!!

    insya allah, stan wa kimi no basho o narimasu... <= ngasal

    salam sukses
    *dari calon istri orang kedutaan luar negeri* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. cemungudh!

      apa itu artinya? ---,

      njeh, terima kasih ny. pinka calon istri orang kedutaan luar negeri.
      nanti di unsoed sering sering aja main ke jurusan HI nya :')

      Delete
    2. artinya? silahkan terjemahkan secara bebas :p

      "insya allah Stan akan menjadi tempatmu"

      ciee pasti terharu sama kata2 gue kaaannn XD

      eh ralat deh, calon istrinya orang jepang aja :3

      Delete
    3. oh, itu. aamiin

      terharu? biasa aja ah -_-

      dih. suka suka lo deh :|

      Delete
  2. yeelah terharu kek, nangis bahagia kek... jarang2 gue romantis kan

    ye doain gue dongs :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah, aku terharu :'''')

      iya. aamiin. terus nikahnya di jepang? yaudah nanti gue dateng tapi lo yg biayain ongkos pulang-perginya. ohya, penginapannya juga.

      Delete
    2. pulang perginya naik elang indosiar aja, kan gausah nginep tuh, ga bayar lagi :/

      Delete
    3. pinka, kau jangan terlalu banyak mengkhayal! elang indosiar itu tidak nyata. sadarlah pinka, sadarlah.

      Delete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.