BELAJAR #CINTAIHIDUP DARI MEREKA YANG TELAH PERGI

Hai. Halo. Assalamu'alaikum. Nggak kerasa ya tau tau udah bulan Februari di tahun 2014. Bulan di mana aku lahir, dan tahun ini m...


Hai. Halo. Assalamu'alaikum.

Nggak kerasa ya tau tau udah bulan Februari di tahun 2014. Bulan di mana aku lahir, dan tahun ini menginjak usia sembilan belas. Oh! Tahun depan aku sudah kepala dua! 

Kebaikan apa yang udah aku tebarkan selama 18 tahun lebih? Jangan-jangan lebih banyak keburukannya :( Astagfirullah.... 

Kadang aku suka mikir, gimana kalo aku berumur pendek? Apa aku udah pantas berada di surga-Nya? Duh, takut banget kalo dosa lebih banyak daripada pahala saat aku dicabut nyawanya. Aku belum siap. 

Di luar ketidaksiapan aku ini, ternyata nggak sedikit orang-orang di luar sana malah pada bunuh diri. Entahlah. Pada udah bosen hidup di dunia kali ya? Atau kepedean pahalanya udah cukup buat mengantarkannya ke surga? Bahkan, kasus bunuh diri menempati satu dari 10 penyebab kematian di setiap negara! Alasannya pun banyak yang aduh-nggak-banget-sih-gitu-doang-sampe-bunuh-diri. Diputusin pacar, misalnya. Helloooowwww! Pacar doang woy! Pacar! Apalah arti pacar? Hih. Ini bukan aku sirik karena ngga punya pacar ya. (*brb teriak* I’M SINGLE AND VERY HAPPY!) Tapi emang bodoh aja kalo gara-gara diputusin pacar sampe mengorbankan hidupnya di dunia ini. 

Sang Pencipta udah tentuin kapan saatnya kita harus pergi dari dunia ini, terus ngapain ya pake acara repot-repot bunuh diri? Udah mati pun masih repotin orang kayak  ketakutan gitu ada arwah penasaran yang bunuh diri atau apalah sebutan lainnya, saking takutnya sampe pipis di celana (?) haha terus tempat bunuh diri itu jadi tempat angker lah sampe kalo lewat situ orang-orang lari atau cepet-cepet gitu. Belom lagi kalo keluarga yang abis bunuh diri itu jadi sorotan media terus. Repotin kan? Iya. (Nanya sendiri jawab sendiri -_-) 

Data Komnas Perlindungan Anak (PA) menunjukkan dari awal 2012 hingga tengah tahun, terdapat 20 kasus bunuh diri anak dengan rentang usia 13-17 tahun. Dari kasus sebanyak itu, 8 kasus bunuh diri dilatari masalah cinta, 7 kasus akibat ekonomi, 4 kasus masalah disharmoni keluarga dan 1 kasus masalah sekolah. 
(sumber : detikNews)

Tuh. Paling banyak kasus bunuh diri karena masalah cinta. Cinta yang sebenarnya bukan cinta. 

Pada lupa kali ya kalo kehidupan itu bukan di dunia ini aja? Bro bro and sista sista semua, kita bakalan hidup di suatu tempat di mana itulah yang bisa dibilang sebenar-benarnya hidup. Kita kekal berada di sana: Akhirat.

Jadi, salah deh tuh kalo mikir dengan bunuh diri semuanya selesai. Tamat. The end. Salah besar! Kenapa nggak dimanfaatin kesempatan yang dikasih Tuhan buat kita hidup di dunia ini? Lakuin hal yang kita suka (tapi jangan menyimpang jg loh ya), lakuin hal yang bermanfaat, perbanyak teman, asah kemampuan/bakat yang sudah diberikan-Nya, bikin bangga orang tua, perbanyak ibadah, memantaskan diri buat calon suami/istri kita dan supaya bisa pantas masuk surga. Hem, apalagi ya? Banyak banget deh! Kepanjangan kalo disebut di sini.
Aku tau, banyak faktor pastinya buat mereka (yang bunuh diri) melakukan hal itu. Kayak kutipan di atas, ada yang karena masalah cinta, ekonomi, keluarga, sekolah, teman dan lain-lainnya. Tapi, apapun itu, bunuh diri bukan jalan keluar yang benar. Pasti ada jalan lain! Buat kalian yang mungkin terbesit niat mau bunuh diri, please jangan! Kalo ada masalah apa gitu, boleh lah cerita ke orang yang paling dipercaya. Buat mama papa, perhatiin ya anak-anaknya. Soalnya banyak nih kasus bunuh diri anak-anak, remaja gitu. Awasin kalo anak-anaknya nonton tv, baca buku apa lah, pas lagi aktif di jejaring sosial, dan lain-lain. Sekadar awasin aja, ngga sampe terlalu protektif banget juga. (Ngg.. bentar. Kira kira ada nggak ya yang udah jadi orang tua baca blog aku ini ._.) 

Pokoknya kita sesama manusia saling memerhatikan dan mengingatkan sajalah~ Merhatiin temennya, ingetin kalo lagi salah, jangan didiemin atau malah ngedukung gara-gara mau dibilang solid atau apalah itu. Bantu temennya kalo lagi jatuh, bantu dia untuk bangkit lagi. Ajak temen ke hal yang baik-baik, jangan menjerumuskan ke hal yang nggak bener.

Oke. Terlepas dari kasus bunuh diri di atas, aku mau ceritain tentang kepergian teman-temanku. Kepergian yang membuat aku sadar kalo hidup di dunia ini singkat. Teramat singkat. Karena singkat itu lah, jadi aku harus bersiap-siap. Bukan cuma aku, tapi kita semua. Hey! Siapa yang bisa jamin kamu masih hidup besok?

Tiga tahun terakhir ini, udah 3 temanku yang pergi. Mereka belum menginjak usia 20 tahun. 


PUTRI SURYA ANDANIE

Putri ini temen sebangku Bil, kan bangkunya beda. Ngga jadi satu. Oke, temen semeja. Bil, kan mejanya juga beda, nggak satu. Cuma dimepetin doang. Pfftt, yaudahlah. Temen yang duduk tepat di sebelahku. Dia dengan baiknya ngebolehin aku buat duduk di sebelahnya pas pertama kali aku masuk ke 'dunia' SMK. Duduk di barisan ke dua, deretan bangku-meja ketiga dari pintu. Depan papan tulis dan meja guru. Posisi yang sangat strategis buat jadi murid baik-baik dan kepengen pintar. Tapi bukan posisi yang aman kalo lagi males dengerin penjelasan guru, ngantuk pengen tidur, mau ngobrol sama temen serta...nyontek (?)
Putri mengidap suatu penyakit, sehingga kadang dia nggak masuk sekolah karena penyakitnya kambuh. Begitu masuk sekolah kembali, Putri sering meminjam buku catatan pelajaran Akuntansi punyaku. Katanya, aku tuh kalo nyatet lengkap. Terus buku catetan aku suka aku hias hias gitu pake pulpen berwarna. Biar enak aja gitu dibacanya hehe. Kalo Putri sering minjam buku catatan, aku sering minjem penggaris ke dia. Putri kan bawa penggaris dua, jadi aku (yang pelupa ini, ketinggalan mulu penggarisnya) minjem terus ke dia. Sebagai anak akuntansi, penggaris itu peralatan penting! Ohya, Putri itu sekretaris 1 kelas loh! Tulisannya baguusss!
Hingga akhirnya, pada hari Rabu, 16 Februari 2011, pagi hari. Aku sedang bersiap-siap untuk pergi ke sekolah. Tiba-tiba hp aku bergetar, tanda ada sms masuk. Ternyata dari Riana. Begitu aku buka, kata pertama di sms itu adalah "Innalillahi" Deg! Siapa yang pergi? :( Aku terus baca smsnya, dan ternyata............. Putri :'''( Ya Allah.... Padahal aku baru cerita ke mama aku kemarin sorenya tentang Putri. Dan besok paginya, aku udah dapet kabar itu. Reflek, air mata aku keluar. Aku nangis. Aku cuma bilang "Ya Allah....." terus nangis. Kakak aku yang ada di deket aku bingung kenapa aku tiba-tiba nangis dan dengan ke-apa-tau-annya itu, dia teriak ke mama "Dih. Nangis. Mah, bila masa nangis, Mah." terus mama dan kakak aku yang pertama terus tanya, kenapa aku nangis. Aku cuma bisa jawab, "Putri...." Aku nangis terus. Bener bener susah buat ngomong. Semakin usaha buat ngomong, makin kejer nangisnya. Sampe akhirnya beberapa menit kemudian, baru aku mulai tenangin diri dan ngomong. 

Di perjalanan ke sekolah, aku pun masih nangis. Tapi nggak separah pas di rumah. Aku usahain biar nggak nangis lagi. Sesampainya di sekolah, aku udah mendingan, lalu aku nyamperin temen-temen aku yang ada di lapangan sekolah, karena jam pelajar pertama itu olahraga. Tapi apa yang terjadi saudara-saudara?! Aku nyapa temen-temenku, "Hai" dan langsung...mewek. Yang lain juga lagi pada nangis! Udah bener-bener susah berhenti. Sambil menuju masjid sekolah buat ngaji, dan untuk mendo'akan Putri, salah satu temen aku, Isti, kayak cup-cupin aku gitu. "Udah, Bil, udah. Cup cup cup." Isti ngerangkul aku. Kayanya dia ngeri aku jatoh. Temen lainnya yang 'lebih kuat' juga berusaha diemin aku dan lainnya yang masih nangis sesenggukan. Bahkan pak satpam ikutan juga.

Pagi itu hujan, mungkin semesta ikut menangis. Ya, AK A berduka hari itu. AK A menangis. Penghuni sekolah pada bingung kami nangis rame-rame gitu. Akhirnya, pagi itu kami absen 4 jam pelajaran sekolah. Pihak sekolah kasih izin kami sekelas buat ziarah, bertemu dengan jasad Putri untuk terakhir kalinya :'( Aku diberi kesempatan untuk menyiramkan air ke jasadnya saat pemandian jenazah karena aku teman duduk sebelahnya. Aku bener-bener nggak nyangka bakal kehilangan Putri secepat itu. Kami semua kehilangan dia.
Yang paling aku kagum dari Putri itu adalah semangatnya. Dia sakit, tapi nggak pengen keliatan sakit. Dia lebih semangat dibanding teman-temannya yang sehat! Aku inget banget pas dia mau jadi sekretaris kelas, mau jadi petugas upacara, mau bantuin buat lomba drama antar kelas sementara teman lainnya yang sehat malah ogah-ogahan. Dia mencintai hidupnya. Dia memanfaatkan kesempatan hidup di dunia ini untuk menebar semangat, kesenangan buat orang di sekitarnya. 


TRI YULIANI

Ka Tri itu kakak kelasku di SMK. Dia ceriaaa banget. Bener-bener belum pernah lihat ka Tri sedih sedihan, murung. Rame banget orangnya! Ka Tri juga yang bimbing aku di Rohis. Aku waktu itu masuk di divisi kaderisasi, dan Ka Tri yang jadi koordinator akhwatnya. Aku seneng banget waktu itu satu divisi sama dia. Pas mubes Rohis, Ka Tri pake kamera yang aku bawa terus. "Dek, minjem ya hihi." Dia foto-foto gitu. Ini nih beberapa di antaranya :
Ka Tri, Ka Dian, Rani

Ka Tri

Sabila, Ka Dian, Hani, Ka Eka, Ka Tri



Lulus SMK, Ka Tri kerja. Dan beberapa bulan setelah kelulusannya, aku denger kabar kalo Ka Tri sakit. Cukup parah :( Waktu itu temen-temen dan kakak alumni rohis pada jenguk dia, tapi aku nggak bisa. Dan pas denger cerita temen aku yang jenguk, sediiiihhh banget. Nyesel juga ngga bisa jenguk dia. :'( Ka Tri sampe dibawa ke kampungnya, karena orang tuanya ada di kampung. Jadi biar ada yang urus di sana. 
Hingga akhirnya, pas aku lagi santai-santai di rumah karena udah selesai UN, aku dapet sms dari ikaf. Kabar duka. Ka Tri meninggal :"( Aku pastiin lagi ke yang lain, dan ternyata bener. Langsung nangis. Sedih, nyesel nggak sempet jenguk. Mau ziarah tapi almarhumah ada di kampungnya. Jadi, cuma bisa mendo'akan :(

Awalnya sakit Ka Tri itu karena telat makan, lambung. Aduh, aku kan bermasalah sama lambung. Jadi ngga boleh dianggap enteng ya! 
Ka Tri, kangen deh denger suara kakak, ketawanya kakak :( 

Ka Tri mencintai hidupnya. Dia menggunakan kesempatan yang diberikan Allah hidup di dunia ini dengan senantiasa menjalankan perintah-Nya dan membuat orang-orang di sekitarnya selalu tersenyum!


DENI TRI ALIE

Deni ini temen satu sekolah, satu organisasi juga. Pernah satu divisi sama dia, di divisi kaderisasi. Aku nggak bisa cerita banyak, karena emang ngga terlalu deket sih. Tapi, yang perlu kalian tau, si Deni ini rajin banget ibadah, terus kalo pagi suka yang tilawah di masjid sekolah, sering adzan juga. Deni meninggal bulan September 2013 (eh, september apa oktober ya. Seinget aku sih september). Kaget banget denger kabar itu. Soalnya selama ini setau aku dia nggak mengidap penyakit apa gitu, bukan karena kecelakaan juga. Ada yang bilang sih angin duduk. Hmm... Masih teringang-ngiang suara dia kalo ngaji, adzan, ngomong. Suara dia emang khas banget!

Deni mencintai hidupnya, dia juga mencintai Allah dan Rasulnya. In shaa Allah, dia bahagia di surga-Nya :')


Yap. Itu tiga temen aku yang sudah pergi. Masih muda, bukan? Jadi nggak ada alasan nunda buat kita bersiap-siap kalo kita dipanggil oleh-Nya. Saling mengingatkan aja ya :)

Yuk, #CintaiHidup kita dengan berbuat hal yang bermanfaat, beribadah, menjalankan perintah-Nya, jauhi larangan-Nya, buat bangga orang tua, asah kemampuan kita, bikin temen-temen kita seneng dengan kehadiran kita, lakuin hal yang bikin kita seneng selama itu positif, dan lain sebagainya! Manfaatin kesempatan yang diberikan selama kita masih hidup di dunia ini nyok ah!


------------------------------------


Sebenernya tulisan ini buat ikutan Giveaway-nya Ka Aci, tapi udah telat. Hihi nggakpapa sih. Nggak harapin hadiahnya. Yang penting berbagi. Ye gak? Ya dong :p








You Might Also Like

6 komentar

  1. wah keren juga kalau aku punya teman kaya putri itu ya, semangatnya bisa nular tuh :D

    ReplyDelete
  2. Yoi. Jaman sekarang, apalagi tahun kemaren, banyak banget kasus orang bunuh diri gegara cinta. Konyol banget.

    Emang bener, sebagai manusia.. kita ga pernah tau kapan akan 'Dipanggil' oleh yang maha kuasa. Maka dari itu, cintailah hidup selagi hidup. Tentunya dengan cara yang positif. :))

    ReplyDelete
  3. Semangat ya bilaaa! *ketjup*
    Tulisannya bikin ngerenung dan jadi semangat kok!
    Terima kasih ya sayang, mau berbagi semangat #CintaiHidup ! :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat selaluuuuu! :* :* :*

      Yeay! ^_^

      Makasih juga, kak! Jadi ada bahan tulisan :D

      Delete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.