Anak Kereta

Dirgahayu HUT RI ke-70! Merdeka!  Gimana 17-an kalian, guys ? Seru?  Kalo gue kemarin ikut upacara di lapangan hijau Al Azhar pusat...

Dirgahayu HUT RI ke-70! Merdeka! 

Gimana 17-an kalian, guys? Seru? 

Kalo gue kemarin ikut upacara di lapangan hijau Al Azhar pusat. Gue upacara di sana bersama keluarga besar YPI Al Azhar (Bareng anak SD, SMP, SMA, pegawai sekolah, pegawai universitas, pegawai masjid, anggota seni bela diri, pokoknya bagian dari Al Azhar, deh!). Seru, lho! Haha. Petugas upacaranya anak-anak sekolah. Para mahasiswa (beberapa wakil kelas aja, nggak semuanya) berdiri tepat menghadap matahari. Agak nganu juga, sih. Gue yang udah dua tahun nggak pernah upacara lagi, terus disuruh upacara. Ngeri nggak kuat. Soalnya jaman sekolah gue langganan nggak kuat pas upacara. Tapi saat melihat anggota PMR yang masih cilik-cilik, ngg..... gue nggak tega membiarkan mereka lari, terus ngurusin gue, atau gotong gue kalo pingsan. :/ Alhamdulillaah, gue kuat sampe upacara dibubarkan.


Justru pas pulangnya gue melambaikan tangan. Kereta rame banget. Berdiri pula. Mungkin efek abis dijemur juga kali, ya? Gue udah pengen pingsan di kereta. Akhirnya gue nge-demprok (bahasa apa ini ya?) di tengah-tengah orang. Sempit banget. Pengen minta duduk tapi sekeliling gue pada bawa anak kecil.  

Pas turun juga butuh perjuangan. Dua peron udah rame manusia. Pintu kebuka, yang di dalem kereta pada teriak "TURUN DULUUUUU! TURUN DULU!!!". Tapi tetep aja yang di luar pada nafsu pengen cepet cepet masuk ke kereta. Pada pengen berebut duduk pasti. Gue cuma bisa pasrah sambil nahan mual.

Kemarin kereta rame banget gara-gara gratis deh kayanya. Hufff. Kalo gue mending nggak usah gratis daripada membludak gitu :". Kondisi kemarin bahkan mengalahkan saat hari kerja di pagi hari. 

Udah beberapa bulan ini gue jadi anker. Anak Kereta. Entah gue kenal istilah ini darimana.

Sekitar empat bulan pertama kuliah, gue naik acos. Acos itu bus patas AC 05 Mayasari. Pokoknya gue harusnya bisa jadi Duta Acos, saking seringnya membanggakan acos ke temen-temen kelas gue. Namun, sekarang gue udah jarang naik acos lagi. 

Sejak mencoba naik kereta dan punya e-money, gue jadi berpaling dari acos. Kalo ngampus jadinya naik kereta mulu. Maap, acos :( 

Kenapa berpaling?

Pertama, naik kereta lebih murah. Dari Bekasi-Sudirman cuma dua ribu rupiah saja. Gue bisa jajan lebih banyak.

Kedua, naik kereta nggak ada pengamennya. Gue asik-asik aja kalo ada pengamen, cuma masalahnya di acos tuh bukan ada satu pengamen aja. Bisa dua, bisa tiga.  Ya berarti gue harus ngeluarin duit extra buat ini. 

Ketiga, gue suka liat kereta. Gue seneng banget liat kereta yang lalu-lalang. Gue suka heboh sendiri semangatin orang-orang yang lari ngejar kereta. Gue suka kasian kalo liat orang yang udah lari-lari tapi tetep ditinggalin kereta. Dan, gue suka masang "muka kepengen" kalo liat kereta jawa. Iya, gue pengen banget pergi ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur naik kereta. Gue cuma pernah ke Tegal doang tahun lalu. Saat itu gue excited banget. Soalnya pertama kali. Tapi kurang lama ah di keretanya. Gue pengen yang lebih jauh, lebih lama perjalanannya. Gue terharu saat liat para kuli panggul di Jatinegara menyambut kereta jawa dateng. Mereka berlarian sambil berusaha naik ke kereta padahal belum berhenti keretanya. Sedih kalo ada kuli panggul yang keluar tanpa mendapat pelanggan. Seneng campur sedih ngeliat kuli panggul yang berhasil dapat pelanggan. Senengnya mereka bisa dapet uang, sedihnya ngeliat muka mereka yang keberatan membawa barang. Hal itu bikin gue merenung.

Keempat, gue bisa bertemu dengan banyak orang yang beda-beda karakternya. Di acos bisa juga, sih. Tapi kereta lebih banyak. Ada yang suka ngeluh karena berdesakan, dalam hati gue berkata, Kalo nggak mau desek-desekan, naik kendaraan pribadi aja sono. Ada yang acuh, membiarkan orang yang lebih butuh duduk berdiri. Ada juga kebalikannya. Ada yang ngerogoh-rogoh tas, kantong orang. Ada yang resek/pelit, duduknya menuhin space yang sebenernya bisa tuh nyempil dikit kalo pada geser.  Ada yang berisik. Ada yang kalem. Ada yang ganteng, keren. Beuh. Ini nih yang ashoy. Hehehe. 

Kelima, sensasi naik kereta lebih huwoh. Kalo naik acos, paling adegan lari ngejar acos, duduk beralaskan koran, duduk di tempat naro barang paling depan dan belakang. Itu aja, sih, kayanya. Kalo naik kereta, lebih gitudeh. Lari-lari ngejar kereta, masuk ke kereta hampir kejepit pintu yang mau ditutup, miring ke kiri ke kanan pengen jatoh karena kereta yang ngerem, desek-desekan sampe pengen pingsan, rebutan pengen naik, rebutan pengen turun, perasaan nggak tenang karena duduk di bangku prioritas (kudu siap tergusur, jadi mending tahan ngantuknya), dan muasiiihh buanyaaakk luagiiii. Oiya, gue suka semangatin-bantuin-ketawa-heran-gemes liat orang yang pada maksa pengen masuk ke kereta padahal itu udah penuh buangeeettttsssss. Bahahahak. Gue pernah ada di posisi yang maksa lalu dibantu dorong orang dari luar, pernah di posisi yang kegencet karena orang pada maksa masuk, pernah di posisi bantuin orang yang maksa masuk. 

Buat gue, itu seru! Haha. Dapet pengalaman baru, dapet pelajaran baru. 

Sebenernya naik acos lebih enak, lebih nyantai gitu. Soalnya ngga ribet naik turun angkutan lagi. Acos kan langsung turun depan Al Azhar, sedangkan naik kereta gue kudu naik transjakarta atau kopaja lagi. Tapi gue suka ngga tahan sih kalo berdiri di acos pas macet. Apalagi kalo kebelet pipis (nggak sekali dua kali gue merasakan ini.) Kan susah, nggak bisa turun sembarangan, wong lewat tol gitu. Kalo naik kereta kan misalnya nggak kuat berdiri, atau kebelet pipis, bisa turun di stasiun terdekat. Palingan yang nyebelin kalo keretanya ketahan karena antrian masuk stasiun atau dibalap sama kereta jawa. 


Kalo masalah waktu, sama aja, sih. Cuma kalo naik acos lebih nggak bisa ketebak. Gue pernah di acos 5 jam lebih karena di tol ada truk kebalik gitu. Gue dari kampus jam setengah 6, sampe rumah hampir jam 12........ -_______-


Hahahaha. Perasaan gue tadi mau bikin tulisan yang isinya tulisan gue pas SD, deh. Tapi tiba-tiba jadi cerita ginian. :)) Yeuh, kadang niat tidak sejalan dengan implementasinya. 

Kalian ada yang suka naik kereta juga nggak? Buat ke sekolah, kampus, atau kantor gitu misalnya?

You Might Also Like

17 komentar

  1. SABILS KAPAN NAIK KERETA JAWA LAGI?? SAMPE KE STASIUN TAWANG / PONCOL DONG NAIKNYA.!!

    kalo aku 2 tahun naik bus + angkot waktu SMA dulu, saking jauhnya dari rumah jadi di sekolah gak pernah jajan gara2 duitnya buat ongkos transport, sedih ya :(
    dan belom pernah sekalipun naik kereta api.pengen sih iseng2 pergi kemana gitu yg deket2 naik kereta. tapi jadwal modelingku terlalu padet. mungkin nanti kalo ada kesempatan dan waktu.



    dan ongkos jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PENGEEEEENNN BANGEEETTTT! DO'AIN AJA YA SEMOGA DIBOLEHIN!

      jauh banget ya SMA nya? :( Iya, sedih huhuuu :( Tapi aku pas sekolah juga jarang jajan kok... Bawa makanan dari rumah mulu.
      Naik keretaaa dongggg seruuuu tauu kaaaakk

      Modeling................................. -_- Iya deh kak. Iya

      Delete
  2. Yg rnak pas jam jam diang, bisa kosong korsi korsinya yaa bil

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... itu juga kadang yang ke arah Bekasi tetep penuh kalo siang. Ibu-ibu pada pulang dari Tanah Abang :/

      Delete
  3. Kereta emang paling ekonomis.

    sayang kampus gue gak deket sama stasiun.
    kalo deket, makmur masalah perut :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi

      Haha. Iya perut makmur. Kantong yang.........menderita (?)Kadang gue ngerasa lebih boros naik kereta juga sih karena di stasiun sambil nunggu kereta kerjaannya jajan mulu haha

      Delete
  4. Aku jg paling seneng naek kereta, seru yak.. Ada bunyinya gejeeshh gejesshh gtuuu... Hehe.. Tp aku jrang naek kereta sih, sekalinya naek kereta seneng bangeeeetttt!!! trakhir naek kreta ke bogor, paling cuma sejam doang. Gaberasa._. Kalo kereta Jawa mantep kali ya? AKu blm prnah ke Jawa sih:(

    Yg serem itu pas mau ngelangkah masuk ke keretanya, kan lobangnya agak jauh juga tuh.. tinggi jg lg.. Ngeri kalo msalnya jatohh, trs kelindes kereta. Omaygaaatt.. Amit amitdeeehh... Aku klo mau msk kereta mikir2nya suka aneh2._. tp pas nyampe dalem sih enak. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru bangeeettt.
      Aku baru naik kereta jawa sekali, Lu. Dan mantep sih. aahahaha. SUKAAAA.

      Nah. Iya bener. Apalagi kalo berebutan masuknya. Tambah ngeri, Makanya aku sering sambil megang pegangan gitu biar kalo jeblos ya ngga parah bgt. hehe

      Delete
  5. Al-Azhar jadi inget sama TK saya dulu :)

    ReplyDelete
  6. kalo pengalaman saya naik kereta itu... udah kaya pepes... udah dipinggir pintu digencet pula.. sudah seperti cicak memeluk dinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku pun sering mengalami hal tesebut :') hahaha. harus sabaaarrr sabaarr sabaarrr

      Delete
  7. Wih, dari Acos move on ke kereta. Aneh amat namanya. Acos.
    Kampus gue mah susah angkot. Mesti berkali-kali transit. Daripada begitu, ya mending naik motor.

    Gue juga mulai ketagihan naik Commuter Line, nih. Hehehe.
    Seru juga ternyata. :D

    Ya kalo nulis mah emang gitu, Bil. Suka mengalir sendiri. Awalnya nulis apa, nanti akhirnya suka nggak nyambung juga. Kalo mau nyambung pake outline. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. AC05. Biar gampang dibacanya? Acos. Iya. Gitu.

      Asik kan ketagihan. Haha. Iyap, seru!

      Iya, Yog. Haha. Pas liat tulisannya lah kok jadi gitu. Wuah, thanks masukannya!

      Delete
  8. Knpa mba hamil yah udah mual-mual hahah :D *just kidding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaduh -____-. Hamilnya entar aja kalo udah punya suami ah.

      Itu mual karena lambungnya mungkin kumat (?)

      Delete
    2. Hehehe cuma becanda kok mba :D

      Minum ProM**g mba biar ga sering mual

      Delete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.