BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BIJAK. MAU???

Kalau akhir bulan, saya suka sedih deh. Kenapa? Soalnya uang jajan sudah mencapai taraf ‘pas-pas-an’, bahkan sampai kekurangan sampe harus ...

Kalau akhir bulan, saya suka sedih deh. Kenapa? Soalnya uang jajan sudah mencapai taraf ‘pas-pas-an’, bahkan sampai kekurangan sampe harus ambil uang tabungan.

Saya mendapat uang jajan bulanan, dan kalau uang masih ‘hangat-hangatnya’ baru diterima, rasanya semua mau dibeli. Boros banget. Kadang nggak mikir beli ini beli itu (biasanya beli makanan minuman buat ngemil). Padahal, uang jajan nggak banyak-banyak amat. Akibatnya, merana di akhir. Duh, gimana kalo entar udah kerja dan keuangannya amburadul ya? Hufff, ini pasti karena saya belum ngerti cara mengelola keuangan.

Tapi sekarang saya udah dapet pencerahan, bahkan dapet ilmu lebih dari apa yang saya harapkan! Hohohoooo.

Saya datang ke acara kece yang diadakan oleh Sun LifeFinancial Indonesia bertajuk : Yuk, Kelola Keuangan dengan Bijak Bersama Safir Senduk pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015 di Cafe XXI Plaza Indonesia.

Saya duduk di belakang :(
Sun Life Financial merupakan salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia. Sun Life ini sudah ada 150 tahun! Didirikan pada tahun 1865, pusatnya di Toronto, Kanada. Sementara di Indonesia, Sun Life mulai aktif beroperasi pada tahun 1995. 

Visi Sun Life Financial Indonesia adalah menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia. Dan misinya adalah membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial.

Sun Life sudah mendapat beragam penghargaan. Sun Life juga sudah mengadakan finansial literasi seperti yang saya ikuti ini kepada berbagai kalangan. Tujuannya literasi ini apa? Ya tentunya agar masyarakat bisa mengelola keuangan dengan bijak, dong!

Oh iya, Sun Life Financial Indonesia merupakan perusahan asuransi pertama yang memiliki agensi distribusi syariah dan mendapat sertifikasi izin dari MUI untuk mewaqafkan hasil investasinya, loh! Kereeeennnn.

Distribusi keagenan Sun Life pun sudah banyak, di antaranya 89 kantor pemasaran konvensional dan 40 kantor pemasaran syariah di 56 kota di seluruh Indonesia.

Buat yang mau tau lebih banyak tentang Sun Life, langsung aja kunjungi web-nya di sunlife.co.id, sunlife.com. Jangan lupa follow twitternya, @SunLife_ID. Kamu bisa dapetin informasi seputar keuangan, keluarga, kesehatan, dan karier untuk masa depan lebih cerah! Hehehe.
---------------------------------

Sun Life sangat memanjakan para blogger yang datang. Baru datang, saya sudah mendapat goodie bag. Perut saya yang belum diisi pun ikut senang karena di acara ini blogger bisa makan siang yang enak dan pastinya GRATIS! Duh, baik banget, sih, @SunLife_ID! Sini peluk dulu {}
Nyamnyamnyaaam. Asiiikkk
Setelah kenyang, acara dimulai oleh dua MC yang asik. Sebelum belajar mengelola keuangan, Bu Elin Waty­­  sang Direktur dan Chief Distributor Officer PT Sun Life Financial Indonesia  menyambut para blogger,memberi tahu alasan kenapa diadakan acara ini untuk blogger, dan tentunya memperkenalkan Sun Life yang sudah sedikit saya paparkan di atas. 
“Karena blogger suka nggak suka bisa mengubah Indonesia”
Mendengar alasan Sun Life mengadakan acara ini untuk blogger yang dikatakan Bu Elin, saya langsung senyam-senyum sendiri. Bangga bisa menjadi bagian dari blogger di Indonesia. 

Jadi, saya harus tanggung jawab.

Karena saya sudah mendapat ilmu dari acara ini, maka saya harus membaginya, menyebarluaskan ilmu ini, yaitu dengan cara menuliskannya di blog. Semoga bermanfaat :)

------------------------------------

Saatnya kita belajar!

Pembicara yang akan membagi ilmunya seputar mengelola keuangan adalah Safir Senduk.

Ada yang belum tau Safir Senduk?

Kalo ada yang belum tau, saya kasih tau deh.

Safir Senduk adalah seorang perencana keuangan yang telah memiliki sertifikasi CFP (Certified Financial Planner). Pada tahun 1998, beliau mendirikan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan.Pak Safir telah menulis 10 judul buku, salah satu dianyatanya “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?” merupakan best seller. Kalo mau tau lebih banyak, langsung aja follow twitternya @SafirSenduk , like fanpagenya facebook.com/safirsenduk. Kalian bisa dapet tip-tips keuangan dari beliau.

Saya seneng deh belajar bersama seorang Safir Senduk. Beliau suka mengulang apa yang sebelumnya disampaikan, jadi lebih nancep ilmunya di otak.  Diselipin humor juga! Nggak ngebosenin, deh. 

Pak Safir Senduk memulai pembahasan dengan melempar pertanyaan “Siapa yang paling kaya? Karyawan, profesional, atau pengusaha?

Untuk mendapat jawaban dari pertanyaan itu, kami membahas arti dari masing-masing profesi tersebut. Dan, sebenarnya kekayaan itu dapat diukur dari apa, sih?

Ada beberapa hal yang harus digarisbawahi :
Kekayaan seseorang nggak diliat dari berapa besar penghasilan yang diperoleh
Kekayaan seseorang nggak diliat dari setinggi apa jabatan seseorang
Kekayaan seseorang nggak diliat dari banyaknya barang konsumtif yang dimiliki
Kekayaan itu diukur dari investasi

Jadi, jawaban dari pertanyaan di atas adalah yang investasinya paling banyak, dia lah yang paling kaya, apapun profesinya.

Mari kita lanjut pembahasan berikutnya.

Kalian tau nggak, sih, kalo karakter pribadi mementukan bagaimana cara kita mengelola keuangan? Belum tau ya? Oke. Sekarang jadi tau, kan? Hihi.

Karakter sangat ditentukan apa yang ada dalam kepala kita, yaitu otak. Kita udah pada tau kalo dalam otak ada du bagian besar, yaitu otak kiri dan otak kanan.
Kiri (logika)Matematika, bahasa, membaca, menulis, urutan, sistem, kepastian, analisa
Kanan (insting) : kreatifitas, konseptual, gagasan, inovasi, gambar, warna, musik, irama, melodi

Kiri itu maunya jadi spesialis, 1 bidang. Kalo kanan nggak suka jadi spesialis, kanan suka banyak belajar (generalis). Kalo dalam hal keuangan, dominan kiri biasanya lebih perhitungan dibanding si kanan.

Terus bagusan mana? Kiri apa kanan? Yo sama wae :))

Kiri dan kanan itu sama-sama penting. Tapi kita harus tau kapan menggunakannya. Dan, kita juga harus hati-hati dengan karakter kita. 

Pak Safir Senduk memiliki tips, nih! Kalo kamu kuat di kiri (dominan otak kiri), santai dikit lah dalam hidup, jangan terlalu serius. Dan kalo kamu kuat di kanan, serius dikit dong, baca koran, gitu-gitu deh. Haha


Sekarang kita bahas cashflow, yuk! Buat yang belum tau apa cashflow, hmmm.... Cashflow itu  arus keluar masuk uang dari penghasilan yang kita dapatkan.

Pak Safir Senduk menjelaskan ada tiga jenis cashflow :
1. Cashflow orang miskin

Wuaduh. Apa pula ini cashflow orang miskin?
Cashflow orang miskin ini ciri cirinya gini : Misal penghasilan/pemasukan 5 juta, pengeluarannya 5 juta juga.






2. Cashflow orang menengah
 Rumusnya gini : Masuk = Keluar untuk barang + habiskan
Penjelasannya gini.... Misal pemasukan 5 juta, dibagi nih 1,5 juta untuk beli barang konsumtif hp, tas, dompet, dll. Lalu sisanya 3,5 juta dihabiskan seperti untuk biaya sekolah.




3. Cashflow orang kaya

Semoga kebanyakan cashflow kalian jenis ini huehehehe.
Cashflow orang kayak gimana, sih?
Pemasukan 5 juta. 1,5 juta untuk barang konsumtif. 1 juta untuk harta produktif seperti dana pendidikan, reksadana. Dan 2,5 juta sisanya dihabiskan.
Hayo, kalian jenis yang mana? :D



Nah, sekarang yang paling kudu diinget, dipahami, dan diaplikasikan dalam kehidupan, nih!

Ada apa, sih, Bil?

This is it!
KIAT MENGELOLA KEUANGAN

*dancing*

Ada tiga kita mengelola keuangan yang bakalan dikupas tuntas tas taaaassss, yaitu miliki investasi sebanyak mungkin, siapkan dana untuk masa depan, dan atur pengeluaran.

Mari bahas satu per satu

Miliki investasi sebanyak mungkin
Gimana kalo income kecil?
Semua uang besar dimulai dari uang kecil. :))

Apa aja contoh investasi?
Investasi = deposito, gold, fund, bond, currency, real estate

Gimana cara milih investasi yang tepat?
Pak Safir Senduk menganalogikan milih investasi itu kayak kursi pesawat, sesuai karakter sukanya di mana.

Nih, ada tiga investasi yang punya kelebihan dibanding yang lain :
1. Saham di pasar modal
Memiliki saham itu kayak punya perusahaan atau bisnis tanpa perlu repot membangun dan terlibat dalam manajemennya.

Ada dua income :
1) Hasil bagi keuntungan (deviden)
2) Keuntungan berapa saham terebut yang dijual dengan harga lebih tinggi (jual-beli / capital gain)

2. Investasi via manajer investasi
Apaan tuh?

=> Melakukan investasi yang dikelola oleh pihak ketiga yang ahli. Kelebihannya adalah ibarat  punya pakar yang bekerja untuk kita.

Contohnya ?
1. Reksadana dikeluarkan asset management
2. Unit link = dikeluarkan perusahaan asuransi

Tips memilih :
-Perhatikan reputasi. Misal insurance liat yang paling tua berdiri, dan reksadana liat orang yang berada di dalamnya.
-Kemana mereka berinvestasi
-Prestasi selama ini (misalnya penghargaan)

3. Real Estate / Property
Kelemahan investasi ini adalah tidak mudah dijual. Sementara keuntungannya adalah bisa dijual kembali dan dapat disewakan.
Tips untuk yang belum punya pengalaman jual-beli properti adalah jangan berharap harga naik di masa mendatang, fokus untuk disewakan saja.

Berikut ada tips menyewakan property supaya dapat hasil maksimal :
1. Frekuensi sewa pendek
2. Sewakan ke banyak tenant/penghuni.

Mungkin sudah ada yang ngeh. Yap, kos-kosan! Haha. Ayo jadi juragan kos-kosan :p

Itu dia tiga investasi yang punya kelebihan dibanding investasi lainnya.

Biar afdhol, saya bakalan share ilmu yang didapat juga mengenai ciri investasi bodong.

Ngg... Bodong? 

Maksudnya yang tipu-tipu gitu, loh. Penting nih, biar kita nggak kena!

Apa aja ciri investasi bodong?
a. Bunga sangat tinggi
b. Kasih janji cash bulanan
c. Dijamin nggak rugi
d. Bonus member baru
e. Skema mustahil

“Kita hidup di negara di mana kalau kita nggak punya mobil, dianggap belum mapan”

Siapkan dana untuk masa depan

Apa aja pos-pos pengeluaran di masa depan yang harus disiapkan?

Nih, saya kasih tau :
1. Dana untuk menikah
Siapa yang nggak mau menikah? :p haha. So, siap-siaplah buat biayanya, euy!

2. Rumah dan isinya
Nggakpapa kredit, uangnya digunakan untuk investasi lainnya. Nilainya kan bakal meningkat.

3. Sekolah anak
Kalo menikah pasti pengen punya keturunan dong. Anak. Nah, mesti siapin buat sekolah. Tak murah loh ini... haha. Apalagi jenjang universitas. True?

4. Pensiun
Di masa pensiun a.k.a masa tua nanti nggak mau kan ‘bersusah-susah’? Ah, pokoknya saatnya menikmati masa tua. Kalo bisa sih udah nyantai kaga kepikiran macem-macem yang bikin pusyiiingg.

“Hidup itu indah. Yang bikin ribet itu tagihan-tagihannya”

Atur pengeluaran

Nih, ada kiat-kiat atur pengeluaran :

Ketahui di mana boros kamu, lalu kurangi pelan-pelan.
Eh eh. Siapa yang lebih boros? Laki-laki atau perempuan?
SAMA!
Tapi tergantung, masing-masing ada karakternya.

Perbedaan boros laki-laki dan perempuan tuh kira-kira gini :
-Frekuensi Perempuan banyak belanja, tapi nawar. Laki-laki dikit belanja, tapi nggak nawar.
-Yang dibeli = Laki-laki biasanya untuk hobi, perempuan untuk penampilan

Kendalikan keinginan kamu

Pengeluaran manusia itu ada tiga jenis :
-Wajib : Ada konsekuensi finansial
-Butuh Nggak ada konsekuansi finansial tapi ada fungsi yang kurang
-Ingin

Wajib dan butuh ada batasnya, sementara ingin nggak ada batas. Bener nggak? Kalo nurutin keinginan, beuh, semuanya dipengenin. Hehe. Jadi kita harus bisa memilah, mana yang wajib, butuh, dan ingin!

“Siapa yang bisa mengendalikan keinginannya, dia bisa mengendalikan pengeluarannya."

Lakukan prioritas pada pengeluaran kamu
Ada empat kelompok prioritas yang harus kamu tau
1)      Bayar cicilan utang = 30% dari income / maksimal 40% kalo ada cicilan rumah
2)      Bayar tabungan dan investasi = minimal 10%
3)      Bayar premi asuransi = minimal 10%
4)      Biaya hidup 50%


Miliki asuransi
“Asuransi itu ibarat payung. Payung nggak menjamin hujan tidak akan turun, tapi payung tidak akan buat kita basah jika hujan.”

Hati-hati dengan sale

Nah nah nah. Biasanya suka pada tergiut nih kalo ada kata-kata sale, diskon. Padahal nggak semua sale beneran sale, lho! Hati-hati! Banyak banget pula nama-nama sale. New Year Sale, Lebaran Sale, dan lain-lainnya. Tiap moment kayaknya dimanfaatin banget buat adain sale. Haha
Pas SMP guru saya juga pernah bilang kalo sale atau diskon gitu tuh suka dinaikin dulu harganya ._. Jadi ya................gali lobang tutup lobang? (apasih, bil?! -_-)

Biasanya kalo dateng ke mall atau supermarket gitu, kamu liat macam sale yang kaya gimana aja?
50%?
40%+30%?
75% tiap pembelian kelipatan Rp 200.000?

Itu ya?
Nah, kalo yang kedua (40%+30%) itu berarti diskonnya berapa? Misal harga barang 1 juta, deh. Berapa hayo?
Kalo ada yang kira itu diskonnya 700 ribu karena 40%+30%= 70% dari 1 juta, kamu salah!
Itu tuh diskonnya jadi 58%.
Cara hitungnya gini :
Pertama hitung 40% dari 1 juta = 400 ribu. Jadi harga barangnya sekarang 600 ribu.
Kedua hitung 30% dari 600 ribu = 180 ribu. Jadi harga barangnya sekarang 420 ribu.
Berarti total potongan yang kita dapat = 580 ribu atawa 58% ;))

----------------------------------------

Gimana ilmunya? Bermanfaat banget kan buat kita? Semoga kita bisa mengelola uang kita dengan bijak, ya! Harus! Jangan sampe cuma teori doang.

Mengenai pengen kaya atau gimana, tentu dong saya mau kaya. Simak perkataan Ummu(ibu) Hamas Syahid (pemeran Azka di film Tausiyah Cinta yang akan tayang Oktober nanti) ini deh :
"Orang muslim harus kaya agar banyak memberi banyak manfaat buat yang lain. Karena faktor pendukung dakwah salah satunya adalah uang"
Setuju? :)

Sekilas info, nih. Saya salah satu yang dapet doorprize di acara ini. Hehe. Alhamdulillaah.
Saya yang berkerudung pink. (Sumber : twitter.com/SunLife_ID)




Acara ini seru banget. Banjir ilmu dan banjir hadiah!

Terima kasih untuk Sun Life Financial Indonesia yang telah mengadakan acara super ini! Semoga bisa terus menebar manfaat dan membantu nasabah mencapai kesejahteraan dengan kemampuan finansial. Terima kasih juga untuk Pak Safir Senduk, ilmunya bermanfaat banget! Dan, terima kasih juga untuk teman-teman Blogger Jabodetabek, Warung Blogger, serta semua blogger yang ada di acara ini! :D





Salam puss, meong, muah



You Might Also Like

36 komentar

  1. Sabil ikut acara yang keren banget, dulu waktu gaji masih lumayan masih bisa ngatur buat tabungan yang akhirnya habis buat lunasin kredit motor. Lalu kemaren sempet deposito juga, tapi gak banyak sih soalnya kalo disimpen di atm seringnya habis. manusiawi sekali. :(

    SABIL JUGA MULAI INVESTASI, BIAR DUITNYA BISA BUAT JALAN JALAN KE JAWA TENGAH!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit-dikit lama-lama menjadi bukit, kak! Hahaha. Iyaaaa, emang gitu kalo di atm mah :(

      IYAAAA AKU NABUUUNGGGG!!!

      Delete
  2. Panjang banget, Bil. Penjelasannya begitu lengkap. Huwaahaha. :D

    Wah, gue baru tau itu yang soal diskon 40+30 atau 50+20 malah jadinya 58%. Btw, gue diajarin sama guru pas masih SMK, sebelum barang itu didiskon, barang itu dinaikin dulu. :p
    Gue termasuk orang yang lebih dominan kanan. Hmm, sebenernya seimbang, cuma kanannya 57% kalo nggak salah apa. Hahaha.

    Duh, ini kan acara yang gue nggak bisa ikut karena kuliah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa. Kudu lengkap, Yog! Bahahahaha.

      Gue juga baru tau heuuuu. Iyaaa beneerr. Gue juga diajarin gitu pas SMP sama guru ekonomi.

      Gue belom tau dominan mana :(

      Iya, Yog :(

      Delete
  3. Training Penting nih,,, nyesel saya gak ikut...

    ReplyDelete
  4. Jadi ngerti saya mba tentang cara menghitung diskon. Hehee
    Bener deh mbak, sebenernya mau laki-laki ataupun perempuan sama-sama boros.
    Saya juga kalo mau beli barang harus bener-bener dipikir dulu. Beneran butuh atau sekedar ingin punya doang. Saya anaknya termasuk boros soalnya mbak. Hehee

    Setujuu mba. Hidup itu indah,yang bikin ribet itu tagihan2nya. Hehee :D

    ReplyDelete
  5. Intinya harus bisa membangi penghasilkan yah mba agar bisa jadi orang kaya

    ReplyDelete
  6. wahahaha mantaps bilss...

    Sayang gak ikut waktu itu. :(

    ReplyDelete
  7. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll .. Atau harus Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat suku bunga rendah dan terjangkau 2%. Manfaat. Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Peminjam DATA S

    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Alamat: .............................................. ............
    3) Negara: .............................................. ................
    4) Sex: .............................................. ..................
    5) Status perkawinan: ............................................. ....
    6) Pekerjaan: .............................................. .......
    7) Nomor Telepon: ............................................. ...
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    9) Duration: .............................................. ..
    10) Tujuan Pinjaman: ............................................

    Lucy Smiith
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. bener banget tuh training sangat penting dan harus sekali

    ReplyDelete
  9. Saya Mrs Lisa Adams, sah dan Reputasi uang Lender. Kita
    adalah LISA ADAMS PINJAMAN PERUSAHAAN. Kami meminjamkan dana untuk
    individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan kredit macet atau di
    butuh uang untuk membayar tagihan atau untuk berinvestasi dalam bisnis.

    Apakah Anda sedang mencari pinjaman? Anda tidak perlu khawatir karena Anda
    di tempat yang tepat Kami Tawarkan
    Pinjaman mulai dari 5.000 hingga 900.000.000 Juta Juta dengan bunga rendah
    tingkat 2%.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi kami melalui email:
    lisadamsloanfirm@gmail.com

    Kami dapat memberitahu Anda bahwa kami adalah handal dan mampu untuk menawarkan pinjaman
    jumlah. Penuh / melengkapi formulir aplikasi di bawah ini, sehingga kami dapat memulai
    proses pinjaman.

    1: Nama (s): ....................
    2: Negara: ...................
    3: Negara: .................... Alamat Rumah: ................
    4: Umur: ...........................
    5: Pendapatan Bulanan: ...............................
    6: Tinggi: ..............................
    7: Pinjaman Durasi: ............................
    8: Jumlah yang dibutuhkan: .................
    9: Nomor telepon: ....................
    10: Pekerjaan: ...........................
    11: Akhirnya, A scan salinan baik dari
    Berikut ini adalah untuk dikirim dengan balasan Anda:

    * Paspor Internasional
    * Surat izin Mengemudi


    LISA ADAMS PINJAMAN PERUSAHAAN
    Mencari cara yang lebih baik untuk kebebasan finansial!

    ReplyDelete
  10. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  11. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    ReplyDelete
  12. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.

    Saya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.

    Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  13. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.

    Saya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.

    Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete

  14. We offer fresh cut bank instrument for lease, such as BG, SBLC,Lease and Purchase Instruments can be obtained at minimal expense to the borrower compared to other banking options. This offer is opened to both individuals and corporate bodies.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request

    Name:Ardan Clooney
    Email:brandfinance33@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  16. Nama saya Lady Esther, Anda dipersilakan untuk ACCESS LOANS FIRM tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah pertahanan keuangan menjadi individu kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang ditentukan dan memiliki sumber daya keuangan yang baik selingkuh atau merampok orang dari uang mereka adalah tabu. di mana Anda secara finansial siap untuk mengatasi kekurangan keuangan saya, saya terhenti itulah sebabnya kami datang ke sini untuk memberitahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama dari ACCESS LOANS FIRM adalah untuk menyediakan dana di mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:

    PINJAMAN TERSEDIA YANG KAMI TAWARKAN

    ✓ Pinjaman Pribadi
    ✓Housing Loan,
    ✓ Tagihan rumah sakit
    ✓ Renovasi rumah
    ✓ Perluasan Bisnis
    ✓ Refinancing Perluasan Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
    ✓ Pinjaman Bisnis
    ✓ Pinjaman Investasi

    Jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu agar staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    e-mail:
    HEAD OFFICE (accessloansfirm@gmail.com)
    CABANG MANAJER (estherpatrick83@gmail.com)
    WhatsApp (+1 850-677-1763)

    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena kerja sama bertahun-tahun membuat kami terus berjalan karena penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa stres.
    Terima kasih semua

    ReplyDelete
  17. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  19. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    ReplyDelete
  20. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    ReplyDelete
  21. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    ReplyDelete
  23. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  24. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  25. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    ReplyDelete
  26. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    ReplyDelete
  27. Halo,
    saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang Bagaimana ALLAH menggunakan Nyonya Olivia Daniel untuk mengubah hidup saya dari kemiskinan. sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan.

    Nama saya Suherman. Saya dari Kota Surabaya di Indonesia setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah scammed dari 15 juta rupiah Indonesia. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang merupakan kredit yang sah. dan tidak akan menambah rasa sakit saya, Jadi saya memutuskan untuk menoleh ke teman saya untuk menasihati saya tentang cara mendapatkan pinjaman online, Kami membicarakannya dan kesimpulan kami menceritakan tentang seorang wanita bernama Ny. Olivia Daniel. Saya mengajukan permohonan pinjaman sejumlah 700 juta rupiah Indonesia dengan suku bunga rendah 2%, saya setuju tanpa tekanan dan persiapan dilakukan untuk mentransfer dana ke pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam dan pinjaman itu disetor ke rekening saya. rekening bank tanpa penundaan.
    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima satu mart dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 700 juta rupiah Indonesia. Saya sangat senang bahwa akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menggunakan ibu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang dapat memberi saya harapan. Terima kasih banyak kepada Ny, Olivia Daniel karena telah membuat kehidupan yang adil bagi saya,

    jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman yang saya maksudkan adalah pemberi pinjaman nyata untuk menghubungi email ibu: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (suherman3860@gmail.com)
    sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  28. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    ReplyDelete
  29. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  30. Thanks infonya. Oiya, saya nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang peluang milenial untuk bisa sukses dengan P2P Lending. Cek di sini ya: Wah, P2P Lending bisa bikin milenial kaya!

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.