Jepang dan Korea dalam Satu Hari

Assalamu'alaikum Terhitung Senin pekan ini, Sabila liburan! Yeah! Liburan pekan pertama ini hampir aku habiskan dengan.................

Assalamu'alaikum

Terhitung Senin pekan ini, Sabila liburan! Yeah!

Liburan pekan pertama ini hampir aku habiskan dengan................ tidur-tiduran di rumah. Kerjaannya molor mulu. Sungguh pemalas. Tapi tapi tapi, hari Kamis lalu aku ke kampus loh! #anakrajin. Ada semacam coaching gitulah. Tak bisa diceritakan sekarang.

Gelar pemalas akut di liburan pekan pertama ini terpatahkan dengan kedatanganku ke kampus (meski nggak sampe sejam) dan berpergian kemarin.

Jadi gini, teman-temankuh. Kemarin aku pergi dengan Ka Giwang dan Ripiki (teman di komunitas Faktabahasa Bekasi) ke Jepang. Ehm, ke Kedutaan Jepang di Indonesia tepatnya. Awalnya aku nimbrung doang di grup pas Ka Giwang nanyain ke Ripiki, Yate, dan Laras jadinya gimana buat pergi ke situ buat balikin Yukata yang dipinjem pas acara internalisasi tanggal 22 lalu. Aku yang siangnya harus ke kampus buat rapat coba nanya jam berapa mereka pergi. Soalnya males banget ke kampus cuma rapat doang. Akhirnya kami memutuskan pergi pagi, bertiga. Yate nggak bisa pagi karena harus kumpulin UAS dulu di kampusnya, dan Laras.....entahlah. Dia maunya siang ke acara kokoreaan doang.

Nah ngomong-ngomong tentang kokoreaan, kan aku nanya tuh maksudnya apa, akhirnya Ka Giwang kirim gambar gitu, poster acara Seollal 2017 di Korean Culture Center (KCC) Indonesia. Cari tau sendiri yak apa itu Seollal. Itu juga kalo mau ._.

Acara di KCC itu siang, sementara aku siangnya ada rapat. Rencana aku malam itu adalah: abis dari Jepang, ke kampus dulu terus entar nyusul ke Korea-nya karena tuh acara mulai jam 2 siang.

Hari H tiba!
Sebenernya kalo ikutin ngantuk, serius deh aku ngantuk banget pagi itu karena baru tidur jam 2 malam. Keasikan baca cerita di wattpad, yang authornya itu temen sekelasku pas kelas 7 SMP. Abis sholat subuh tahan tahan biar nggak tidur lagi, tapi akhirnya aku coba tiduran bentar sampe jam 6. Mayanlah. Abis itu langsung mandi biar ngantuk ilang.
Awalnya aku dan Ripiki sepakat paling lambat jam 7.20 udah naik keretanya, sementara Ka Giwang bakal nunggu di Stasiun Cakung karena lebih deket dari rumahnya. Tapi akhirnya jadi jam 8-an karena Yukata yang mau dibalikin baru disetrika di laundry-an.

Aku sampe stasiun Bekasi sekitar jam 8, dan pas banget aku masuk ke stasiun, hujan turun dengan derasnya. Hohoho. Terus udah ada kereta, dapet duduk pula. Aku bilang deh ke grup kalo aku dan Ripiki udah siap menuju Cakung. Tapi ternyata Ka Giwang belom berangkat, dan nggak bisa berangkat karena kalo berangkat, Yukata-nya bisa kena basah. Akhirnya aku dan Ripiki nunggu di Stasiun Cakung. Hampir jam 9-an kami baru ketemu Ka Giwang, dan kereta pun datang. Berancuuutttt ke Gondangdia~ Aku kepincut cuma sama dia~ *apasih ini-_-*

Kami lanjut ke embassy-nya dengan naik Uber dari Gondangdia. Dengan biaya Rp 15.000, akhirnya kami tiba di Kedutaan Jepang! Woah. Ternyata ini toh kantor kedutaannya. Begitu mau masuk ya seperti biasa, tas diperiksa dulu. Terus kami harus ambil kartu ID tamu dengan jaminan kartu identitas, baru abis itu bisa masuk. Ternyata nggak langsung masuk gitu aja, masih harus anuin tas dulu pake X-Ray atau apalah itu kata mbak-mbaknya. Setelah itu baru bisa masuk beneran yang pintunya hanya bisa dibuka sama orang yang ada di dalem ruangan khusus. Pencet apaaagitu. Embuhlah.

Lalu kami naik ke lantai 2 buat ketemu orang kedutaannya. Pas naik ternyata sepi, dan kami duduk di tempat tunggu. Ka Giwang minjem hp aku karena XL gratis nelpon 75 menit ke semua operator apabila mengaktifkan paket Extra Combo (kesannya kayak promosi yeuh). Lama bin ribet banget kan ya nelpon ke kantor gitu. Pencet inilah pencet itulah. Tapi akhirnya Ka Giwang ngomong juga sama orang beneran, dan ternyata staff yang mau ditemuin lagi rapat.

Sambil nunggu, kami memutuskan masuk ke perpustakaan gitudeh. Dan emang buat ketemu sama orang sana juga di situ. Aku ketemu buku yang sangat sangat sangat menarik hati. Namun sayang, pake bahasa Jepang. Mana aku ngerti! Buku cerita anak tentang kucing bermata biru. Huwaaaa gambarnya lucu-lucu bangeeeett. Rasanya pengen dibawa pulang!

Oh iya, sebenernya ada larangan nggak boleh foto dan mainin hp di perpustakaan itu. Tapi........ ya nggakpapa deh ya sedikit foto-foto. Aku fotoin gambar di buku kucing itu dan sempet selfie juga wakakaka.

Setelah nunggu lumayan, keluarlah staff menemui kami. Sebenernya bukan dia sih yang dituju. Tapi ternyata bisa dititipkan ke ibu itu, karena kalo nunggu yang dituju kayaknya masih lama. Dia masih rapat :/ Setelah urusan beres, kami siap ke destinasi berikutnya!

Ngg... pas keluar gitu ada sedikit insiden memalukan, tapi biarlah itu menjadi rahasia di antara kami bertiga.


Kami ke KCC naik Uber lagi. Kantor KCC ada di kawasan SCBD, Senayan. Salahnya, kami nggak liat dulu ada di gedung apa. Makanya kami dituruni Uber di gedung mana aja, pokoknya di SCBD. Alhasil kami harus jalan kaki lagi ke gedungnya dengan mengandalkan Google Maps. Alhamdulillah nggak begitu jauh. Oh iya, aku memutuskan untuk tidak ikut rapat karena kalo bolak-balik sangat meribetkan. Wakakak.

Malesnya kalo ke gedung begituan tuh aku jadi ngerasa gembel sendiri. Pada parlente gitu gayanya. Ckck. Lagi-lagi kami harus menyerahkan kartu identitas sebagai jaminan dan dikasih kartu lain. Kartu ini buat kami tap-tap-in di gate in maupun gate out. Ka Giwang kasian banget dah. Gagal mulu tiap nge-tap. Hahaha. Dugaan kami ada dua. Kartunya yang bermasalah, atau tangan Ka Giwang yang bermasalah. Tapi akhirnya diketahui bahwa tuh kartu yang bermasalah karena pas dicoba Ripiki sama-sama nggak bisa.

Kami udah nyampe KCC yang ada di Lantai 17 Equity Tower itu jam 11 lewat. Masih lama dari jadwal acara. Akhirnya kami cuma ngisi buku tamu dan memutuskan cari tempat untuk sholat. Tempat buat sholat Jum'at ada di LG. Awalnya kami kebingungan bakalan naro seorang Sabila ini di mana saat cowok-cowok pada sholat. Pas lagi bingung, satpam nanya. Dan ternyata ada mushola di B2. Kami pun janjian bakal ketemuan di LG.

Firasat aku keren juga. Soalnya pas banget aku memutuskan untuk naik, sholat jum'at selesai. Nggak terlalu lama buat ngumpul lagi sama Ka Giwang dan Ripiki. Tujuan kami selanjutnya adalah mengisi perut. Sebelum sholat sempet bingung makan di mana, tapi kebetulan pas di lift aku liat tulisan kantin ada di B3 dan lantai 3. Jadi kami akhirnya ke B3 dengan asumsi yang di B3 lebih murah harganya. Lumayan lama kebagian lift karena pas bubar Jum'atan gitu rame. Pas sampe di B3, nggak tau tuh kantin di mana. Akhirnya kami ngikutin orang doang karena kata Ripiki jangan sampe kami keliatan bingung. Sok tau aja gitu. Dan Alhamdulillah orang yang kami ikuti adalah orang yang benar. Yey tiba di kantin! Kami makan di warung masakan sunda gitu. Hohoho. Kenyang banget!

Sebelum makan, Sabil ngomong ke mereka..
"Eh iya maaf ya aku makannya lama, nih."
"Oh nggakpapa. Cowok emang gini ya, Piki?"
"Bukaan! Di antara temen-temen cewek, aku emang paling lama makannya."
"Oh haha. Yaudah nggakpapa. Santai aja. Entar kan bisa online dulu yang udah selesai."

Yes, entah karena emang proses ngunyahnya lebih lama atau gimana, aku emang lama makannya. Sering banget dah yang ranking terakhir kalo makan. Sampe dibilang tuan putri segala sama temen-temen di kampus karena di antara mereka aku yang paling lama. Wakakaka. Tapi waktu itu Ripiki loh yang paling lama makannya. Bukan karena aku mendapat jurus sehingga jadi lebih cepat, tapi karena aku hibahkan sekian nasi dan lauk punyaku ke dia. :p

Sekitar jam setengah 2 siang, setelah perut kenyang, kami kembali ke lantai 17. Wuuussshh~ Rame gils! Antrian panjang. Kami yang pede udah isi buku tamu main nyelonong aja masuk dengan sedikit perjuangan menembus cewek-cewek itu dulu tentunya. Tapi ternyata, ngisi data buat acara itu sama buku tamu beda! Pfffttt.

"Yah, kita ikut ngantri dong ini? Ke belakang situ? :( " keluhku

Tapi ternyata itu tidak perlu dilakukan karena................ tinggal deketin aja mejanya, nyempil dikit, terus isi deh daftar hadir. Dengan kata lain: nyelak. Ya, itu adalah ilmu dari Ka Giwang. Katanya orang Jepang kebanyakan begitu, dan kita harus gesit. Yang nyelak adalah Ripiki karena ku tak berani. Herannya yang diselak kaga ngomel. Wakakakak. Selama proses itu aku khawatir. Tapi Alhamdulillaah Ripiki nggak bonyok-bonyok karena dihajar para wanita. Dia selamat dan kami senyum sumringah. Haha.

Coba aja kalo nggak nyelundup ke depan. Kami pasti nggak kebagian 150 pendatang pertama dan nggak kebagian souvenir. Hihihi. Maaf loh buat tiga orang yang nggak kebagian gara-gara kami :p

Di sana emang mayoritas cewek. Malah sempet ngira yang cowok cuma Ka Giwang sama Ripiki doang. Tapi ternyata nggak juga. Lumayan cowok yang dateng.

Pas di dalem venue, kami yang nggak tau banyak tentang Korea ini (aku aja nonton drama korea baru dua biji!) cuma ketawa-ketiwi aja mikirin bakal ngelakuin apa di sana. Karena sesungguhnya tujuan kami hanya satu: souvenir. Aku dan Ripiki nyobain salah satu permainan khas Korea yaitu masukin anu ke dalam anu. Sungguh, aku lupa dan malas mencari tau lagi apa nama permainan itu. Ohya, males ngejelasinnya juga. Pokoknya lempar anu sampe masuk ke dalam anu dah.

Nggak lama, Yate datang. Dia emang nyusul dari kampus. Sementara sampe saat itu kami belum ngeliat di mana Laras berada. Kami baru liat Laras pas dia nyoba jawab kuis yang hadiahnya bikin para penggila kokoreaan histeris. Kami berempat hanya bisa berekspresi "apasih".

Pas bagian games dengan hadiah yang makin membuat para cewek di situ histeris, kami ikut-ikutan angkat tangan berharap ditunjuk. Yang kami pikirkan adalah: hadiahnya bisa kami jual buat yang demen banget sama kokoreaan. Cuma sayang kami nggak dipilih-pilih! Pas bagian hadiahnya tentang Sistar yang dipilih cowok, baru dah si Ripiki kepilih dan dia menang. Untung tadi udah latihan permainan masukin anu ke dalam anu! Anuan Sistar berhak dibawa pulang deh oleh Ripiki~

Para cowok pada protes ke aku karena katanya aku kurang heboh pas angkat tangan. Ya gimana bisa? Kalah lah sama cewek-cewek yang lainnya. Aku harus apa? Teriak ke oppa MC itu dengan berkata "Sarangheyo, oppaa!!!"
"Oppaaa, pilih aku, oppaa!!!"
"Oppaaa janganlah kau memilih yang lain!!!"
"Oppaaaa! Intuisiku slalu mengarah kepadamuuu tapi tak juaa tapi tak juaa tapi tak juaa kau hiraukan aku!!!"
kitu ???
Mana bisa -_- Ketemu Kao Jirayu dan Fedi Nuril aja yang histeris cuma di dalam hati, deg-degan aja, nggak bisa kayak yang lain, bisa histeris layaknya fans bertemu idola.

Setelah kuping ini seperti terlatih bertahan mendengar teriakan, akhirnya acara selesai juga, dan souvenir pun berhasil kami dapatkan (keculi Yate. Eh iya, Laras juga nggak kebagian loh padahal udah ngantri dari sebelum kembali ke KCC yang abis sholat itu). Wakakaka. Maaf yak :v

Di acara itu ternyata disediain berbagai makanan khas Korea juga. Antriannya? Beuh. Malesin bangetlah. Lalu tau-tau Ka Giwang nyempil gitu bilang mau ke toilet, dan yang lain disuruh ngikutin. Ya aku pikir emang pada nggak minat. Yaudah aku ikut aja. Ternyata eh ternyata...... Wakakakakakakakakakakakaka. Ilmu orang jepang kembali diajarkan Ka Giwang kepadaku. Kami berbelok masuk ke barisan gitu. Nyelak lageeeehh~ Aku ngakak mulu dah gara-gara itu-_-
"Nah, kita harus gini, Bil. Inget-inget ya ilmu ini," kata Ka Giwang pas nyempil.
"Oke sip, kak!"

Ka Giwang bisa klop banget dah ini sama mamaku. Hahaha. Sejenis. :")))

Pas banget kami papasan sama Laras yang udah ngantri daritadi, dan dia ngomel karena kami nyelak. Wakakakak.

Hmm. Kesimpulan setelah icip-icip sih aku nggak terlalu suka sama makanan Korea. Enakan masakan mamaku. Seriuslah. Tapi kalo dramanya, lumayanlah aku suka. Hanya saja ku memang nggak ngikutin dan hanya nonton jika dan hanya jika sedang ingin~


Setelah keluar dari KCC, kami sholat ashar dulu. Laras dan temannya pulang duluan karena takut keburu macet. Si Yate memberi ide untuk naik transjakarta gratisan lalu naik bis city tour ke Stasiun Juanda. Kami ngikut aja sama Yate, itung-itung lanjalan~

Lumayan lama nunggu tj gratis karena kami kelewatan satu tj, penyebabnya adalah nunggu di tempat yang salah. Pas kebagian pun ternyata cuma sampe Tosari. Akhirnya kami tetep naik, dan jalan kaki dari Tosari sampe tempat nunggu bis di deket GI. Oh iya sempet beli batagor juga. Haha. Btw ternyata gitu toh rasanya jalan dan jadi cewek sendiri. Apa-apa diduluin.

Kami nggak melihat tanda-tanda kedatangan city tour. Jadinya naik tj gratis lagi sampai harmoni. Dan dari harmoni kami jalan yang lumayanlah ke Stasiun Juanda. Capek? Nggak. Seru, kok! Cuma abis itu emang butuh minum yang banyak sih karena udah ngeluarin keringat yang lumayan banyak juga.

Di Stasiun Juanda ada Ka Fandi yang udah nunggu sejam. Haha. Maaf, Ka Fandi :p Ka Fandi abis pulang kerja, dan sebenernya ada stasiun lebih deket dari kantornya. Cuma dia ke Juanda biar bareng-bareng kali ya(?).

Usai makanin roti yang dibeli Ka Fandi, kami menuju peron dan kereta tujuan Bekasi tak lama langsung muncul.

Huwaaaah, perjalanan yang seru dan menyenangkan! Terima kasih, semuanyaaa :)


Ehem. Panjang juga nih cerita. Ada yang baca kagak ya? Haha



Salam puss, meong, muah


Sabila si kakak kucing

You Might Also Like

4 komentar

  1. Ada ko yg baca. Tapi lompat- lompat haha

    ReplyDelete
  2. Hah ada insiden memalukan
    Insiden ngomong jepang y? Kayak iklan di tv itu
    Emang di stasiun ada kereta y? Kol baru tw abang
    Dih pada neriakin opa opa
    Opa itu kan kakek
    Mang pada ngepens sama kakek2 y?

    ReplyDelete
  3. ada kucing ga di waktu di kjcc?

    ReplyDelete
  4. Kalau lagi ngantre, apalagi antreannya panjang, gue suka nyelak-nyelak juga. Malesin banget kalau harus beraturan gitu. Bodo amat lah sama orang-orang yang ngantre dengan tertib, gue pengin cepet! Hahaha
    Apalagi kalau ngantre makanan.. Hahaha~
    Game masukin anu ke anu? Maksudnya gimana toh? XD
    Kalau lagi nggak macet, mending naik Uber, sih. Lebih murah. Waktu itu pernah dari kost mau ke Central Park naik taksi online gitu. Dibandingin dulu kan harganya. Anak kost suka nyari yang murah soalnya. Pas di lihat, selisih tujuh ribu gitu dengan aplikasi satunya lagi. Akhirnya pilih uber, eh. Soalnya cuma lima belas ribu doang! Untungnya nggak macet juga. Hohoho...
    Btw.. mana nih souvenirnya? Nggak di fotoin gitu? ._.

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.