Foto dan Hoax

Assalamu'alaikum Pekan lalu, aku mimpi foto aku di instagram disalahgunakan. Jadi dipake oknum tertentu buat suatu berita, lalu menjad...

Assalamu'alaikum

Pekan lalu, aku mimpi foto aku di instagram disalahgunakan. Jadi dipake oknum tertentu buat suatu berita, lalu menjadi viral. Dan itu untuk urusan yang sekarang lagi dibahas di mana-mana: politik. Males bangetdah-_-

Aku lupa jelasnya gimana tuh mimpi. Tapi emang waktu itu hampir seharian aku di depan laptop buat cari paper tentang hoax, tools buat deteksi hoax, cara tau kalo berita yang disebar hoax, dan sebagainya. Pokoknya all about hoax. Alhasil sampe mimpi pun masih kebawa hoax-hoax-an -_-

Paginya, aku jadi mikir.

Keingetan ada salah satu temen cowok di kampus beberapa kali bikin status di facebook atau sekadar share yang intinya gini : cewek jangan terlalu umbar foto selfie atau banyak memajang foto sendiri di media sosial. Hmmm...

Gimana menurut temen-temen?

Oh iya, sering juga liat contoh kakak-kakak rohis yang cewek, yang berkata hal sama di media sosialnya. Jadi kakak kakak itu kalo upload foto dikasih goresan gitu di bagian muka, atau cuma upload apalah. Pokoknya nggak nampakin wajah dengan jelas. Caption-nya pun emang yang bermanfaat, dakwah gitudeh. Alasannya nggak nampakin wajah? Bisa mengundang pandangan cowok. Dan bisa aja mengundang hawa nafsu si cowok. Gitu........

Hal ini pernah aku jadiin bahan diskusi juga di grup temen-temen cewek, nanya pendapat mereka. Ada yang bilang tergantung niatnya aja, ada yang bilang emang lebih baik dikurangin, ada yang bilang dia emang belom bener jadi yagitulah.

Aku emang nggak terlalu sering upload foto sendiri sih di media sosial, apalagi selfie. Cek aja di instagramku @nasalsabila. Sekalian follow juga boleh ._. #promositerselubung.

Sebenernya jarang upload bukan karena omongan temen di atas itu, tapi karena............. emang nggak terlalu banyak punya foto sendirian gitu -_- Foto #OOTD? Yaampun, pakaian aku aja sering ngasal. Nggak penting dan tak elok lah buat dilirik netizen. Palingan kalo ada moment tertentu aja sih suka foto sendiri, buat kenangan, atau emang kepikiran buat upload di instagram. Tapi seringnya kaga jadi jadi di-upload karena mendadak males :/

Haaffffffff. Kalo cari Nikmatun Aliyah Salsabila di Google, terus liat image, itu banyak foto-foto. Wakakaka. Sebenernya foto yang bertebaran itu kalo dipikir-pikir orang mau comot juga ogah, sih. Aku nggak kayak Yoga yang fotonya suka dijadiin foto profil di media sosial orang lain :p Hitzzz banget dah emang si Yoga.

Cuma kalo kayak di mimpi itu, ya bisa aja sih terjadi. Siapa yang bisa jamin foto kita nggak disalahgunakan orang lain?

 Aku jarang upload foto di facebook, tapi foto yang di-tag temen-temen cukup banyak. Dulu malah pernah ada yang nggak pake kerudung masih ada. Temen pake acara komen. Lalu gara-gara si temen itu komen, mungkin jadi muncul di beranda facebook apa gimana, kakak rohis komen juga "Hmmm, manis nih. Tapi lebih manis kalau pake kerudung :D". Iseng aja tuh temen komen, padahal itu foto jaman SMP -_- Dan waktu kejadian itu sebenernya aku belom bener-bener pake kerudung juga, sih. Ke sekolah doang pake kerudungnya.

Emang dasar males ngecek dan bersih-bersih medsos! Temenku bahkan dulu pernah izin minta email dan password aku biar dia aja yang hapusin foto-foto aku yang nggak pake kerudung haha.

Nah gara-gara tuh mimpi, akhirnya aku coba cek-cek lagi foto yang ada di media sosial. Kira-kira ada yang nggak pantes apa enggak.....

Pengen hapus beberapa foto, tapi kok sayang ya haha. Males buat donlotinnya juga -_-

Perihal foto ini, entahlah.......... Masih bingung. Mungkin lebih tepatnya masih membenarkan diri yang menganggap nggakpapa upload sesekali aja. Hahaha. Apalagi di blog gini. Kalo ceritain pengalaman tanpa foto agak hambar gitu ._. Bahkan kalian bisa ngeliat foto aku tuh di sebelah kanan lagi megang kucing~

Ya, semoga aku bisa menjadi muslimah yang sebenarnya :") Proses, Insya Allah. Ku akui sekarang emang masih gratakan banget. :((


Silakan loh kalo kalian mau mengemukakan pendapatnya perihal foto-foto-an ini! Ku dengan senang hati menampung :D


Oh iya, tujuan Sabil cari hoax-hoax-an itu karena kecetus ide yang berkaitan dengan hoax pas ditanya punya ide apa sama dosen (bukan buat skripsi). Abis sebel banget deh. Broadcast-an hoax merajalela. Mamaku sendiri aja masih suka percaya, dikasih tau kalo itu hoax lah apa lah kadang masih agak susah. Hoax cepet banget menyebarnya!

Entah bisa apa enggak mengimplementasikan idenya. Udah dikasih arahan sih sama dosen. Semoga Pak Ali nggak capek membimbing seorang Sabila yang suka lola ini. Haha.

Dicoba dulu aja, ya? :')

Yuk mari bergerak mencoba~



Dan semangat untuk kamu kamu kamu yang hebat!



Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing

You Might Also Like

19 komentar

  1. ah followers ignya masih dikit punya saya ckck

    ReplyDelete
  2. Aku gak punya IG, jadi maaf gabisa follow. Ahahaa

    Aku juga jarang foto, tapi kalo sekali foto langsung banyak, kadang.

    Aku juga setuju, foto itu tergantung niatnya. Kesian juga kalo di haramin gitu aja, kan foto juga sebagai identitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau orang yang niatnya emang jual fisik gimana? Biar di-endorse. Hehe.

      Delete
    2. Hahaha. Iya nggakpapa, Rum.

      Iya, aku jg masih berpikiran kaya gitu. Tergantung niatnya ._. Cuma entahlah.

      Delete
  3. Sumpah, gue aja gak nyangka bisa dipakai sama orang. Itu di Instagram hampir gak pernah pajang foto wajah sendiri. Kebanyakan foto pemandangan atau makanan. Cuma gara-gara ada satu tulisan di blog isinya 17 foto gue lagi narsis sok bikin pose-pose gak jelas. Hanya karena kesalahan itu, makanya dipakai akun-akun gak bertanggung jawab. :(

    ReplyDelete
  4. Huaaa nampol banget pas bagian jangan terlalu banyak upload foto...tapi beberapa medsosku aku kunci sik, temen2nya juga beneran temen skulah, sma, kuliah ama blogger doang..etapi blog masih bertebar foto2 liputan kuliner mandiri gitu, dulu blogku malah dicopas autoblog gitu bil, hampir 200 artikelku disedot, itu bkin trauma banget sih, hmmm

    Eh untunglah iyu cuma mimpi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas baca status temenku, aku jg merasa tertampar bgt. Huhuhu.
      Kalo medsos, aku bebas sih. Mungkin perlu mikir buat difilter.

      Waah, kok bisa ituuuu? Aku baru tau kasus copas autoblog gini :o


      Iyaaa Alhamdulillaah cuma mimpi.

      Delete
  5. kayaknya kita samaan deh, ga terlalu suka posting foto sama pasang foto selfie (apalagi yang komuk nya di zoom alias deket banget ke kamera) gitu. tapi aku kalo foto2 sendiri mah banyakkkk... hahaha, postingnya aja yang males.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toossss!

      Aku suka fotoin macem-macem, kadang nggak jelas. Yang penting ada kenangannya. Entah foto sendiri atau sesuatu yang lain. Pokoknya kalo liat foto itu, aku jadi bakal inget momentnya. Hehe.

      Delete
  6. Yaaaah aku sering banget foto OOTD'AN buat di IG :(
    kalo jadi viral malah bagus biar makin ngehitz :')
    tapi semoga dengan citra yang positif hhhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggakpapa, Kak Vira. Lakukan yang menurut Ka Vira bener aja :D Perihal foto foto ini aku pun masih bingung :")
      Iyaaa. Kalo bisa kasih pengaruh yang bagus, kenapa enggak? ^^

      Delete
  7. Aku sebenernya udah baca ini lama seminggu lalu, tapi bingung harus komen apa. Karena... Postingan ini menyindir diriku, mbak :(
    Hahaha ._.

    Perihal foto, aku seneng banget upload. Tapi nggak nyampe spam banget. Haha, paling sehari kadang bisa 4 atau 5 foto. Eh, entahlah. Pokoknya sering deh upload. Boleh deh cek ig aku, mbak, di risseprs. LAH BUKALAPAK SENDIRI NIH AKU 😂

    Nggak tau ya mbak, aku juga sebenernya pengen jadi anak yang kalem, yang kagak kecentilan foto diri sendiri. Tapi da... Aku orangnya ekspresional banget. Huft.

    Bte mbak, masalah foto di fb, daripada dihapus lebih baik diprivat jadi hanya saya aja. Daripada dihapus jadi makin ribet. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... maaf ya, Riska :(

      Hahaha. Udah dicek, udah difollow juga :p

      Aku juga cukup ekspresif, kok. Hihi. Tak apalah foto-foto centil sendiri. Asal jangan centil ke cowok yang udah punya pasangan aja ._.

      Wooohh. Oke oke makasih sarannya! :D

      Delete
  8. beberapa temen gue yang cewek (yang sudah hijrah) juga kalo main ig sudah jarang ngepost foto yang ada dianya, jadi yang di post paling pemandangan. Gue setuju gak setuju sih perihal cewek yang disarankan jangan ngepost foto yang menampilkan wajah. ya takut aja itu hode soalnya #lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, temen juga ada yang tadinya foto di ig udah ratusan dan banyak foto dia, sekarang dihapus-hapusin dan nggak ada foto tersisa yang nunjukkin wajahnya.

      Lah? Hahahahaha.

      Delete
  9. hmmm sebenarnya sih aku juga mengurangi foto sendiri, lebih sering yang diupload bareng2 teman
    bahayanya tuh kalo fotonya di copas orang tanpa permisi dan digunain buat hal2 jahat :(

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.