Minat Membaca

Assalamu'alaikum, Sok sibuk sekali Sabila ini sampe nggak nulis-nulis di blog. Cih. Padahal kerjaannya tidur mulu~ Hmm sebenarnya...

Assalamu'alaikum,

Sok sibuk sekali Sabila ini sampe nggak nulis-nulis di blog. Cih. Padahal kerjaannya tidur mulu~
Hmm sebenarnya aku nulis blog, tapi emang bukan di blog ini. Dan dalam tahun ini cukup banyak kok kalo ditotalin tulisannya. Yang satu di blog kelompok tugas (HAHAHA tugas -_-), yang satu di blog rahasia(?).

Begini begini.

Aku merasa minat baca aku semakin tua bertambahnya usia kok malah kayak menurun gitu. Sebenernya ini disadari pas aku liat banyaknya buku yang belum dibaca (hasil beli pas bazar yang entah kapan) dan inget-inget dulu tuh aku suka banget berburu tanda tangan penulis di bukunya. Iya, dulu aku suka dateng ke acara talkshow penulis yang aku punya bukunya atau berburu beli pre-order buku yang ada ttd-nya. Seneng aja gitu rasanya kalo bukuku ada tanda tangan si penulis. Bukunya juga pasti langsung aku baca.

Nah, semakin ke sini, makin nggak baca. Meskipun dulu yang dibaca juga bacaan yang ringan-ringan, sih. Dulu aku senengnya baca teenlit hahaha. Atau buku lainnya yang tulisannya nggak terlalu berat, nggak 'sastra banget', nggak perlu bikin aku mikir keras(?).

Selain novel teenlit atau novel yang nggak 'sastra banget' dan beberapa buku self-help/lainnya yang emang bacaannya enak buat dibaca menurutku, aku juga suka baca majalah. Dulu aku langganan GADIS. Mending nggak usah jajan deh kayaknya daripada nggak beli GADIS tiap edisinya. Ya pokoknya setidaknya aku ada bahan bacaan rutin gitu lah.

Sekarang? Majalah enggak, buku juga enggak. Bacain handphone mulu kerjaannya atau laptop :/ Itu juga bukannya keseringan baca buku-el atau lainnya gitu. Bacain update-an orang -_- Penting banget nggak sih? :"))))))))

Dan saat ini aku lagi dipaksa, mau nggak mau, suka nggak suka, buat banyak baca paper, jurnal, buku-el, salindia, dan sebagainya demi kebutuhan tugas akhir. Di situlah pusingnya. Kayaknya kepusingan ini ada hubungannya dengan kurangnya aku membaca deh selama beberapa tahun ke belakang. Iya nggak sih? Nggak betah banget deh buat bacainnya. Hal ini bikin aku sedih. Haha.

Hal yang bikin pusing juga, karena bahan bacaannya pake bahasa Inggris, materinya bikin istighfar mulu pula. Udah gitu bahasa Inggrisnya yang nganu. Yang butuh berkali-kali baca buat ngertiinnya (bahkan kadang udah berkali-kali baca juga belom ngerti juga dan akhirnya seringkali pasrah). Kemampuan bahasa Inggrisku masih pas-pasan banget pula. Maka makin nggak betah deh tuh buat bacanya. Huwaaaaaaa.

Dulu pas mau UN SMK, aku sengaja beli novel yang menurutku 'berat' untuk menghadapi UN bahasa Indonesia. Sekarang kudu gimana ya? Paksain diri tiap hari buat bacainnya kali ya? Atau mungkin kalian ada ide?

Agak malu juga sih pas sadar gini kalo kurang baca buku, dan aku malah mengusulkan untuk bikin sistem yang mengangkat masalah minat baca di Indonesia gitu buat tugas matkul proyek perangkat lunak. Pfffttt. Kamu sendiri aja kurang baca, Bil! -________-

Hmmmm kayaknya harus bikin target baca buku deh ya. Atau setidaknya untuk saat ini target membaca buku di rak yang masih banyak diplastikin itu.

Dukung Sabila kembali meningkatkan minat bacanya! Haha




Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing


You Might Also Like

3 komentar

  1. Berarti kesempatan buatku sebagai maba buat biasain baca jurnal bahasa Inggris. Hehehe. :))

    Sekarang saya lebih suka bacain grup WhatsApp kelas. Di bus harusnya bisa baca buku, tetep aja bacain chat Line dari siapa aja yang sengaja udah nggak dibuka tiga bulan ini. Paling chat dari official account, sih.

    ReplyDelete
  2. Pernah baca kata-kata seperti ini, entah lupa dari siapa, Borges atau Marquez, banyak buku bagus di dunia ini, tapi tidak banyak waktu untuk melahap semuanya. Intinya gitu kata-katanya wkwkwk, tak ubah-ubah sendiri. Atau kalau salah, tolong dikoreksi.

    Aku juga akhir-akhir ini sedikit membaca. Sedih kalo dibandingin dari buku yang udah dibaca tahun lalu. Sangat turun drastis.

    Semangat menambah minat baca mbak!

    ReplyDelete
  3. Jujur aja saya juga mulai menurun minat baca bukunya, tapi kalo kaya baca artikel di internet gitu sih tiap hari hehehe.

    Lagi mau coba target seminggu satu buku, semoga aja bisa. Mba bila coba aja targer kaya saya siapa tau bisa juga :D.

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.