Rencana dan Kemungkinan Terburuk

Manusia cuma bisa berencana, Allah yang menentukan Pasti sering banget deh denger kalimat itu. Mungkin yang baca blog ini ada yang de...


Manusia cuma bisa berencana, Allah yang menentukan

Pasti sering banget deh denger kalimat itu. Mungkin yang baca blog ini ada yang detail banget ngerencanain apa yang harus dilakukan dalam satu hari, seminggu, sebulan, setahun. Wow. Salut bangeet! Saya belom bisa kayak gitu. Jurnal punya, namun lebih ke ngoleksi daripada dicorat-coret dengan rencana atau pencapaian. HAHAHA.

Terlepas dari bisa rencanain detail apa yang mau dilakukan, dicapai atau apa, pasti tiap orang punya rencana. Apalagi awal tahun gini kan, banyak orang yang membuat resolusi, punya semangat baru, punya impian baru. Meski semangatnya awal-awal doang, tapi setidaknya ada rencana lah. Mau nikah kapan, mau kerja di mana, sampai ke hal-hal sederhana kayak mau pergi nonton jam berapa, mau makan apa, dan sebagainya. Intinya rencana.

Terus, gimana kalo rencana kita terancam gagal? Gimana saat udah bikin rencana yang diselimuti (apacoba diselimuti) semangat tinggi eh tiba-tiba dateng masalah?

Lagi-lagi, manusia cuma bisa berencana, Allah yang menentukan.


Sabtu tanggal 8 Januari lalu, saya bertemu dengan senior saya di prodi kampus (sudah alumni sekarang) dan dosen pembimbing saya. Kami bertemu di Setarbak, Pasaraya Blok M. Fyi, saat itu pertama kalinya saya ke Setarbak. Iya, selama ini nggak pernah. Buat apa gitu? Selain belum ada keperluan ke sana, harga produknya pun terlalu mahal buat saya, ditambah saya kurang bisa minum kopi (nggak kuat deh kayaknya nih lambung). Lagian sama siapa juga ke situ. Kalo sendiri buat berlama-lama di sono depan laptop mana betah. Kalo mau sendiri diem depan laptop mah mending di kamar aja.

Hm, kenapa jadi bahas Setarbak.

Di sana kami cukup lama, dari sekitar pukul 10.45 hingga 13.30-an. Agenda utama pertemuan hari itu adalah temu kangen(?) senior dengan dosen pembimbing saya (yang sebelumnya dosen pembimbing dia juga) dan jadi bimbingan saya yang ke......ketiga sepertinya. Obrolannya tentu nggak kaku-kaku amat. Banyak ketawa-ketiwinya. Dan mungkin orang-orang liat pertemuan ini jadi kayak pertemuan dengan teman-teman saja karena dosen saya masih muda. Masih 27 tahun kali ya. Entahlah. Pokoknya masih muda.

Rencana terbit di obrolan waktu itu. Rencana saya harus menyelesaikan setiap step untuk menuju lulus. Kapan tenggat waktunya, dan lain-lain. Saya sudah super semangat!
"Bisa nggak ya, Pak?"
"Bisa kok. Insya Allah."
"Oke! Semangat!"


Sebelum berpisah juga saya sempat membahas tugas kerja praktik (KP) saya. Saya tanya kira-kira analisis dan visualisasi yang saya buat udah cukup apa enggak, atau apa yang bapaknya mau tau lagi kira-kira kalo datanya data itu. Senior saya juga bilang kalo KP saya seru banget. Saya cuma bilang saya bersyukur banget karena dapet KP yang sesuai peminatan, karena awalnya bukan itu.


Lalu besoknya, hal buruk terjadi. Dan ini berkaitan dengan rencana dan obrolan kemarin, tepatnya tentang KP.

Sabtu sore, ketika saya udah sampe rumah, penyelia (orang dari kantor tempat kerja praktik) chat saya. Ada beberapa yang harus direvisi dari laporan yang saya kirim hari Jum'atnya. Revisinya dikit banget, sih. Cuma ganti warna heatmap (karena katanya warna yang saya pake bisa bikin toner cepet abis. Ngg.. sesungguhnya saya nggak terlalu merhatiin warna-warna ini karena pake yang default aja). Terus penyelia juga minta gambar chart di laporannya resolusinya lebih bagus. Saya dikasih tenggat waktu sampe jam 5 pagi. Udah, kurang lebih itu aja revisinya. Keliatannya simple ya?

Ternyata nggak semudah itu. Jalannya yang nggak mudah. Data yang harus diload pertama kali itu sejuta lebih baris. Buanyak dong. Terus karena mau kasih resolusi yang bagus, saya gedein aja tuh parameter dpi-nya di kodingan. (Oke buat yang ngga ngerti manggut manggut aja lah ya). Harusnya sih bisa cepet. Harusnya. Tapi.... beuh. Laptop saya nggak kuat, bung! Jadi item putih mulu tiap run cell kodingannya. Not responding gitu. Malah banyak banget yang harus di-run. Sekali nunggu aja bisa 15-30 menit. Pokoknya pas nunggu nih penyakit, saya jadi tamatin satu buku. Saya juga udah berusaha buat nggak tidur, tapi beberapa kali ketiduran sih. Laptop saya yang nggak tidur. Kesyan beud.

Hasilnya? Saya nggak selese jam 5 subuh. Nggak bisa. Beneran dah. Ini lama karena laptop yang tidak bisa diajak kompromi. Terus jam 8 penyelia saya chat. Nanya. Belom sempet saya bales karena saya masih di depan laptop dan hp saya juga selalu dalam silent mode, sekian menit (belom sampe belasan menit) kemudian dari chat nanya dan bilang udah lewat tenggat, beliau ngomong gini : "Maaf, saya tidak ada waktu lagi."
Maaf
Saya
Tidak
Ada
Waktu
Lagi


ARGH.

Saya coba bales, jelasin apa yang terjadi sesungguhnya. Saya kirim gambar pas muncul pesan system error, pas laptop lagi ngga not responding, pokoknya mah bukti kitu. Tapi chatnya nggak dibales-bales juga. Haaaff.
Besoknya saya ke kampus, minjem laptop temen karena saya udah selese hasilin gambarnya, tinggal taro di Ms. word, tapi sayangnya word di laptop saya (sebenernya bukan word sih, tapi di laptop ini libre office karena saya pake linux), suka ke-close sendiri, dan not responding mulu juga. Intinya saya capek lah ngedit di situ buat bikin laporan karena tiap ubah dikit, ngga respon, item putih, ke-close, ilang! Gitu mulu looping kaga berhenti. 

Dan mau tau? Di laptop temen saya yang baru itu juga sama wae! Akhirnya saya minjem laptop junior saya, laptop gaming, RAM-nya lebih gede dong. Sama aja! Meskipun nggak lama-lama banget, tapi ngga respon mulu  juga. Terus akhirnya dia iseng liat task manager. Ternyata satu dokumen saya yang dibuka di word itu doang menghabiskan 4GB lebih memori........ Astaghfirullah. Pantesan di laptop owe ke-close mulu karena ya RAM laptop ini cuma 4GB :"))

Karena nggak enak liat si junior yang kayak udah ketar-ketir laptopnya  jadi layar putih pointer muter-muter mulu nggak respon begitu, akhirnya disudahi sajalah. Pulang. 

Malam itu saya coba tanya pembimbing akademik saya dan menceritakan yang terjadi. Ibunya nyuruh saya telpon penyelia, tapi saya nggak berani. Sumpah dah, kaga berani. Bapaknya tuh tipe-tipe gimana ya, ekspresinya sungguh sulit ditebak. Jarang marah, tapi kadang omongannya atau sekali bertindak yo nganu. Pokoknya nggak berani! Akhirnya saya chat lagi aja laporan usaha apa yang udah saya lakukan. Setidaknya beliau tau saya masih berjuang.


Hari ini terhitung udah seminggu lebih sehari penyelia saya nggak bales-bales chat saya. Pas Rabu lalu ke dosen pembimbing KP di kampus, bapaknya bilang gini.
"Bapaknya S3 ya?"
"Iya, Pak."
"Di Jepang?"
"Iya, kayak Pak ****"
"Hmm.. Kayaknya kamu udah selesai deh kalo gitu."

Yak. Selesai. The end.

Perkara gambar doang euuy! 
Sebenernya agak heran juga sih, kenapa gitu nggak sekalian aja langsung bilang "Yaudah gambar chartnya diganti warna, resolusi gambarnya digedein, nanti langsung aja kasih hardcopy-nya buat ditandatanganin."
Kan kalo gitu enak toh? 
Tapi sayangnya sang penyelia nggak kayak gitu. Beliau tipe orang yang ngasih tau satu-satu. Jadi dulu pas ngerjain tugas KP-nya tuh kadang saya suka sedih, udah 'jalan jauh', tapi ternyata nganu, akhirnya ngomong dalam hati sendiri...Pak, kenapa nggak bilang aja dari kemarin kalo maksudnya kayak gitu?


Temen-temen yang saya ceritain sangat menyayangkan ini, sih. Dosen PA pun. Udah berjuang, abisin ongkos, terus tau-tau gagal gitu aja. Gara-gara ini, kemungkinan terburuk saya adalah extend kerja praktiknya. Saya harus ngulang kerja praktik. Mulai dari nol lagi. Hal ini berimbas ke rencana yang udah saya rancang sama dosen pembimbing TA saya di Setarbak waktu itu. Mungkin rencana itu bisa tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin rencana itu bisa gagal.


Sedih. Parahlah sedihnya. Setres? Ho oh. Nangis. Pas nulis di baris ini aja saya nangis. Udah keluar nih air mata dan nyesek. Bahahahahak. 

Tapi kadang orang nggak tau sih ya. Saya sih munculnya ke permukaan (apadah) kayak "Hello!! semua hal berjalan dengan lancar loh~".  Saya ketawa-ketiwi aja. Saya masih musingin urusan junior-junior saya karena saya asisten mata kuliah itu. Padahal rasanya kepala tuh...... Penuuhhhhh!


Mungkin ujian. Mungkin teguran. 

Insya Allah ini yang terbaik.  

Mohon do'anya semoga Sabila bisa melewati hari-hari sampai lulus dengan baik ya! Rintangan pasti ada, salah satunya hal ini. Tapi semoga Sabila (dengan pertolongan Allah dan do'a orang tua serta teman-teman) bisa selalu menghadapinya.



Udah dulu. Mau siapin buat kasih responsi ke bocah-bocah besok. Dadaaaahh!!!







 Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing


You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya juga hampir nggak pernah ngopi di situ. Sekalinya ke Starbucks karena dibayarin waktu itu, sih. Maklumlah, biasa minum kopi sachet seduh sendiri atau di warkop gitu. Sekarang juga kurang suka kopi. :)

    Sejujurnya, saya emang nggak ngerti soal tugas praktikmu. Namun, tentang laptop yang buka satu file aja bisa 4GB itu saya kaget. Gimana laptop saya yang cuma 2GB RAM-nya? :') Kalau berbicara kegagalan, hmm rasanya sudah banyak sekali gagal. Depresi dan nggak tahu hidup untuk apa lagi pun sudah pernah. Nggak nyangka pernah mengalami masa itu. Wqwq. Syukur aja bisa melewatinya.

    Nangis aja, justru bikin lega, kan? Hehehe. Kalaupun emang harus ada perpanjangan kerja praktik, ya anggap aja udah jalannya, Bil. Mungkin ada yang perlu kamu perbaiki tentang tugasnya itu atau apa, saya juga kurang paham. Yang jelas, di dalam kesulitan, selalu ada kemudahan yang menyertainya. Semangat euy! :)

    ReplyDelete
  2. Semoga cepet kelar masalahnya ya! Emang biasanya pasti ada sih orang yang begitu. Tapi dibawa seru aja. Muehehehe. *Dikeplak

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.