Komentar Instagram

Dua bulan ini saya berkutik dengan komentar instagram. Sebenernya nggak bener-bener full dua bulan, tapi ya kurang lebih segitu lah.  T...

Dua bulan ini saya berkutik dengan komentar instagram. Sebenernya nggak bener-bener full dua bulan, tapi ya kurang lebih segitu lah. 

Topik tugas akhir saya berkaitan dengan kosakata yang digunakan oleh para pengguna media sosial. Singkatnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat dataset karena datasetnya belum tersedia. Nah, dataset ini saya ambil dari media sosial. Ya iyalah, kan topiknya emang media sosial!

Saya punya data hasil crawling komentar Instagram dari dosen pembimbing. Jadi sebelumnya data komentar Instagram ini beliau gunakan untuk penelitiannya tentang klasifikasi suatu komentar termasuk spam atau tidak. Saya menggunakan isi komentarnya aja (karena datanya berisi macem-macem atribut, kayak panjang karakter, emojinya, angkanya ada berapa dan sebagainya). Isi komentar itulah yang saya jadikan acuan untuk membuat dataset.

Akibat kegiatan membuat dataset ini, saya jadi liatin komentar-komentar Instagram para netizen ke public figure (yang dicrawling itu emang komentar di akun public figure, kayak artis, pejabat, youtuber, selebgram, gitu-gitudah). Selama ini saya emang nggak terlalu liatin komentar di Instagram. Paling beberapa temen aja yang diliatin. Kalo public figure gitu, jarang banget deh. Jadi, pas liatin data ini tuh... Huwah. Luar biasah. 

Ternyata banyak banget yang ribet sama urusan orang, ya. 

"Kak artisX nggak cocok ah sama kak artisY, masa sama jendeesss. Mending balikan sama kak artisZ dah!"

Yang kayak gitu buanyak banget. Terus banyak juga yang ribetin agama si artis, kenapa artisnya beginilah begitulah.

Bahkan masalah ketek artis aja dipermasalahin! -_- Penting banget, woy! Hhhhh.

Hm, jujur, saya juga pasti ada lah yang bikin ribet sama urusan orang, tapi bukan ribet sejenis yang kayak begitu, sih. Lebih ke...........gimana, ya. Misal ikutan 'ribet' pas teman yang dipeduliin kesulitan, menghadapi sesuatu atau gimana. Saya tipe orang yang kalo udah peduli ke orang, ya bakal diperhatiin, bakal mikirin. Apa ya contohnya? Kayak pas jadi asdos kemarin, deh. Itu saya mikirin banget anak-anaknya, terutama ke beberapa anak yang dapet kadar kepedulian lebih dari saya. Mereka yang ujian, saya yang deg-deg-an. Mereka yang dapet tugas dari dosennya, saya yang mual. Sampe temen saya bilang kalo saya terlalu mikirin mereka atau istilahnya tuh kok-jadi-kamu-yang-ribet-bil!

Oke. Balik lagi ke komentar Instagram.

Selain ribet sama urusan orang, saya juga liat banget banget kalo banyak netizen yang 'jahat'. Huhu. 

"Eh lo ngaca dong! Lo tuh jelek item gembrot! Najissss bgtt! Cuih!"

Dan umpatan-umpatan lainnya. Kalimat di atas salah satu contoh aja. Yang bikin heran, kegiatan ngatain sesama netizen ini tuh banyak kejadian karena berantem sendiri gitu. Jadi misal si A bilang ke artisX kalo artisX kenapa gitulah yang jelek (pokoknya intinya ngatain juga gitu). Terus B, yang ngeidolain artisX nggak terima dong, jadi diseranglah itu si A dengan balik ngatain, begitu terus sampe audahsampekapan.

Huufffff. Sedih deh bacain bully-bully-an begitu. Entah itu yang ditunjukkan ke si artis atau lainnya. Bisa nggak sih kurang-kurangin dosa jari dengan nggak ngetik hal-hal yang bikin orang sakit hati atau apa gitu? Kalo yang dibully itu bisa survive atau malah jadiin motivasi dan sebagainya sih bagus. Lah kalo dia jadi rendah diri, putus asa, atau hal lainnya, gimana deh tuh?


Di komentar Instagram banyak ditemukan perdebatan. Tentang agama, public figure yang punya akun, macem-macem. Kayak masalah ketek yang disebut di atas aja tuh jadi bahan perdebatan juga. Ah pusing bacainnya. Rasanya tuh... Semua orang merasa paling benar. Semua orang merasa paling hebat. Semua orang merasa paling bijak. 


Saya jadi mikir. Nggak mudah juga ya jadi public figure. Harus siap menghadapi berbagai macem komentar. Dibully. Diramein kolom komentar Instagramnya dengan hal-hal yang nggak semuanya bisa bikin seneng. Ah, padahal kalo saya mah mainan Instagram atau media sosial lainnya ya buat seneng-seneng. Buat hiburan kala penat, bercanda sama temen, penyemangat, dan sebagainya yang bikin happy lah. Kalo harus liatin komentar segitu banyaknya dan isinya banyak yang kayak gituan, mending ditutup aja kali deh kolom komentarnya! Haha.


Dear, netizen. Ayo ah manfaatin media sosial dan teknologi yang ada buat hal yang baik-baik. Kurang-kurangin atuh komentar yang nggak bagus. Kalo mau komentar, yang bener aja gitu kek. :") Abisin waktu banget ih ngomen hal yang nggak penting. Nambah dosa juga kalo komentarnya itu macem bullyan dan sebagainya.

Oh ya mau nambahin juga selain komentar Instagram. Kadang tuh kita suka permasalahin banget konten media sosial temen. Ujung-ujungnya jadi ngomongin di belakang atau gimana. Padahal mah, yaampun, kenapa pada nyusahin diri sendiri sih?

Liat temen yang upload makan di resto mahal, kerjaannya jalan-jalan mulu, yaudah biarin. Bersyukur aja, ikut seneng aja soalnya temen bisa punya duit buat makan di situ atau bisa jalan-jalan terus. Kaga usah iri iri dah. Kalo mau jadi motivasi buat cari uang halal supaya bisa ikutan makan di situ, atau biar bisa piqnique juga, boleh.

Liat temen yang upload curhatan mulu, kegiatan dia mulu, ya yaudah biarin juga. Bisa aja itu salah satu cara dia mengabadikan momen. Kalo udah terlalu privasi banget atau gimana yang kurang wajar, baru deh mungkin kita bisa ingetin secara pribadi ke dia. 

Liat temen yang upload foto selfie melulu, terus kadang captionnya suka nggak nyambung banget atau apa gitu. Yasudaaah... Mungkin itu buat langkah awal berbagi. Belom nemu foto yang pas, jadi selalu pake foto sendiri aja dulu. Biarin aja. Intinya selama fotonya masih wajar (nggak terlalu terbuka, nggak terlalu 'mengundang' atau apa mungkin), biarin aja.

Liat temen yang sekarang isinya dakwah mulu, repost ceramah dari akun ustadz-ustadz, share info kajian dan sebagainya, yaudah biarin. Kaga usah dianggap sok alim.  Justru bagus deh itu jadi pengingat buat kita, jadi motivasi buat kita, dan jadi pertanyaan ke diri sendiri "kapan hijrah?".


Kurangin nyinyir-nyinyir. Kalo emang nggak suka kontennya, unfollow aja. Guampaang, kan?



Oh ya, mungkin ini tulisan terakhir dengan domain nasalsabila.com di beberapa bulan mendatang (atau mungkin tahun ini) karena tanggal 4 nanti domainnya expired, dan saya memutuskan untuk tidak memperpanjangnya. Lebih tepatnya nggak punya duit buat perpanjang! HAHA. Buanyak kebutuhan euy di tingkat akhir gini.

Okedeh! Babaaaiii!!



Saat sedang lelah membuat dataset


Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing

You Might Also Like

4 komentar

  1. Setujuuuu... Kadang aku mikir "mereka se kurang kerjaan itukah sampe seniat itu ngatain orang". Ya saabg aja gitu waktu yang berguna yang bisa jadi manfaat malahan jd mudarat.

    ReplyDelete
  2. Sayang sekali, Bil, nggak diperpanjang. Pantesan waktu itu cari blog ini dengan .com nggak bisa.

    Ya ampun, saya paling males bacain komentar IG artis. Nggak pernah juga kayaknya, kecuali yang emang nongol 1-2 di bawah caption itu. Ogah banget ngeklik "lihat komentar lainnya". Wqwq.

    Bahkan, saya nggak banyak ngikutin akun-akun artis Indo deh. Cuma Pevita sama Raline Shah seinget saya. Itu juga karena dulu awalnya pas habis nonton film 5cm. Pertama punya IG. Saya lebih demen ikutin artis dari luar. Terutama Jepang. Kawaii euy~ Haha. :3

    Syukur aja komentar-komentar di blog nggak jahat, ya. Kalo ada yang mengkritik tulisan pun bahasanya disampaikan dengan baik. :)

    ReplyDelete
  3. Heran saya juga ka, gatau sampe kapan netizen negeri ini kaya begitu. Semoga aja mereka bisa pada sadar bahwa yang mereka lakuin itu ngga bener. Miris saya liatnya.

    ReplyDelete
  4. Kak mau tanya, gimana sih cara dapat data komentar instagram...

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.