Mewujudkan Perjalanan Impian

Saya udah buat passport dari Oktober 2018, tapi baru beneran kepakai di Oktober 2022.  Akhirnya! Dulu pas bikin passport memang belum ada re...

Saya udah buat passport dari Oktober 2018, tapi baru beneran kepakai di Oktober 2022. 

Akhirnya!

Dulu pas bikin passport memang belum ada rencana ke luar negeri. Tapi, saya disaranin untuk bikin dulu, katanya buat motivasi atau kalau sewaktu-waktu dibutuhin mendadak jadi nggak perlu panik dan ribet.

Saya memanfaatkan passport untuk pertama kalinya itu untuk ke tanah suci, bersama mama dan ayah saya, sahabat saya dan ibunya, serta ibu dari sahabat saya yang lainnya (sahabat saya yang satu lagi sayangnya tidak bisa ikut).


Sebelum

Sebenernya uang saya belum cukup ketika memutuskan untuk ikut umroh. Budgetnya baru cukup untuk orang tua saya saja yang memang udah ditabung sejak lama. Namun, waktu itu saya tiba-tiba kepikiran untuk ikut saat saya sedang riset berbagai travel umroh untuk orang tua saya.  

Kira-kira inilah percakapan saya kepada diri sendiri saat itu:

"Kenapa nggak sekalian ikut aja, ya?"

"Laaah, kan duitnya belum cukup kalo bertiga!"

"Ya dibikin biar cukup nggak sih? Kan belum cukupnya sekarang. Nanti dibantu dicukupkan oleh Allah."

"Eh tapi nanti gimana kalau ada sesuatu mendesak yang butuh duit?"

"Dahlah nggak usah pikirin macem-macem"

Setelah itu, saya coba hitung-hitung:

  • biaya umroh bertiga sekitar p
  • uang yang dipunya untuk tujuan umroh adalah q
  • uangnya kurang sebanyak r
  • waktu yang dipunya sampe pelunasan adalah s bulan
  • berarti sebulan harus 'setor' minimal t.

Yaudah lah yakin aja. Nanti dipermudah Allah.

Saat itu saya beneran lagi pengen banget, dan menurut saya lebih baik dituruti keinginan itu karena belum tentu nantinya saya bakal kepengen banget lagi. Dan kalau ditunda, di-entar-entar-in menunggu punya uang, ujungnya merasa nggak punya terus, nggak cukup-cukup alias udah keburu dipakai buat pengeluaran lain. Selain itu, mama ayah saya sudah tua. Kasian juga kalau tidak ada anak muda yang bisa menemani. Jadi, lebih baik bulatkan tekad~

Selesai hitung menghitung, saya langsung menghubungi sahabat saya yang memang sama-sama punya rencana untuk memberangkatkan orang tua untuk umroh. Ternyata dia juga mau untuk ikut. Kebetulan kami memang tipe yang ayolah gas!, padahal ya nggak jarang dadakan dan sesuatu yang belum tentu bisa terealisasi.

Tapi, emang ya Allah itu Maha Baik. Nggak lama bertekad biar bisa umroh, udah rencanain harus ngirit dan lain-lain, tau-tau datang aja rezeki. Tiba-tiba di-approach teman untuk freelance lah, dan rezeki-rezeki lainnya. 

Sama Allah justru dikasih lebih. Alhamdulillaah.

Oh iya, beberapa persiapan (selain mempersiapkan uang) tentunya dilakukan, salah satunya olahraga. Ayah saya rajin banget lari pagi dari beberapa bulan sebelum berangkat, dan saya pun sempat rutin ikut meskipun tidak serajin ayah saya. Kalau bukan karena mau berangkat umroh, kayaknya saya tidak akan lari pagi bersama ayah. 


Saat

Berangkat (di bandara dan pesawat)

Di hari H keberangkatan, saya sebetulnya sedang tidak enak badan. Mungkin lebih tepatnya memang karena kurang fit dicampur deg-deg-an mau naik pesawat untuk waktu yang lama. Maklum, ini kali pertama.

Tiga jam sebelum menuju bandara saya malah sibuk nyari-nyari tukang pijit, berharap bikin lebih baik. Ujungnya nggak jadi, sih. Saya pasrah minumin obat yang ada (tentunya termasuk tolak angin), dan pasang senyum sumringah aja. Beneran pasang senyum sumringah karena ketika saya lihat foto-foto di bandara, baik itu masih di bandara keberangkatan atau saat sudah sampai di sana, saya heran sendiri kok senyumnya bisa kayak gitu nggak keliatan capek dan lesu. Padahal dulu beneran nggak enak badan banget, loh.

Nggak enak bangetnya itu karena pas di pesawat saya muntah berkali-kali. Untung aja duduknya bareng orang tua sendiri, jadi nggak perlu segan atau merasa mengganggu kenyamanan orang lain. Selain muntah-muntah, saya juga sulit untuk tidur. Tidurnya kebangun terus, dan susah untuk sampai terpejam lagi. Meski begitu, Alhamdulillaah tubuh masih bisa diajak berkompromi, nggak sampai tumbang yang berkelanjutan. Masih sangat bisa untuk senyum, ketawa-tawa, banyak jalan kaki, dan semangat menyambut hari-hari selama di sana. 

Di Madinah 

Kerjaan saya selama di sana ya paling banyak bolak-balik hotel-masjid. Saya nggak banyak ikut melipir ke sana-sini untuk eksplor berbagai hal seperti keliling cobain jajanan di sana karena sulit juga atur waktunya. Apalagi ada orang tua saya, kan nggak mungkin ditinggal-tinggal. Selain itu, kayanya lebih baik simpan tenaga, deh. Ikutin agenda dari travel udah bikin saya merasa cukup dengan adanya city tour.

Hal paling favorit selama di Madinah adalah ketika ke Raudhah, berziarah ke makam Rasulullaah. Saya sebenernya nggak semudah itu buat nangis, tapi waktu itu pas kebagian sholat di sana baru takbir aja udah keluar air mata. Nggak paham juga kenapa soalnya langsung mengalir dalam sekejap mata. Pas nulis ini rasanya mau segera balik lagi ke sana. 

Di Mekkah

Sama halnya seperti di Madinah, sebagian besar kegiatan di Mekkah memang bolak-balik hotel-masjid aja. Lokasi hotel yang saat itu jadi tempat menginap sebenarnya dekat dengan Masjidil Haram, tapi karena Masjidil Haram memang sangat luas, jadi ya lumayan bikin capek juga. Belum lagi bingung masuk pintu mana, keluar pintu mana. Oleh sebab itu, emang paling tepat banyakin olahraga deh sebelum umroh. Soalnya banyak banget jalan kakinya, dan saat melaksanakan ibadah umrohnya pun sangat sangaaat sangaaaatt butuh tenaga ekstra. Apalagi saat Sa'i. Namun herannya, orang tua saya bisa kuat banget. Mama saya yang kakinya sebetulnya masih suka sakit karena akhir 2022 patah kaki pun masih lebih kuat daripada saya yang ketika balik hotel setelah umroh rasanya mau copotin kaki dulu saking sakitnya. Akibat olahraganya senin kamis nih. :"D 

Meski capek banget setelahnya, tapi tetap dong ketika umroh jadi favorit. Pas pertama kali lihat Ka'bah, whoaaa nggak bisa dideskripsikan lah senang dan terharunya. Saya selama ini masih suka bingung liat arah kiblat pakai aplikasi, dan saat itu nggak perlu bingung lagi soalnya kiblat di depan mata. 


Pulang

Saya sedih.

Oh, iya. Saat pulang tidak ada adegan muntah-muntah di pesawat, dan lebih bisa pulas tidurnya.

Alhamdulillaah selamat sampai di rumah.


Setelah

Nggak mikirin dunia enak banget, ya. 

Pengen ke sana lagi. Semoga. Segera. 


Salam,

You Might Also Like

0 komentar

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.