Pak Oma

"Nomor satu!" Begitu melewati pintu beberapa senti, Pak Oma sudah meneriakkan frasa tersebut. Bahkan, saat pertemuan pertama kelas...

"Nomor satu!"

Begitu melewati pintu beberapa senti, Pak Oma sudah meneriakkan frasa tersebut. Bahkan, saat pertemuan pertama kelas!

Apa maksudnya nomor satu?

Maksudnya adalah soal nomor 1, alias pertanda adanya ulangan harian. Ulangan harian sebenar-benarnya ulangan harian karena terjadi hampir tiap hari, sejak hari pertama resmi menyandang status anak kelas 5 SD. Walhasil, udah jadi kebiasaan saya dan teman-teman waktu itu untuk menyiapkan sobekan kertas sebagai wadah jawaban soal ulangan yang nomor 1-nya saja udah jadi seperti sapaan masuk kelas.

Dulu kesan pertama saya adalah kaget, heran, tapi excited juga. Gimana, ya? Biasanya tuh hari pertama cuma perkenalan dan pulang cepat. Tapi waktu itu kami malah langsung ulangan. Udah gitu nggak boleh hitung corat-coret kertas pula! Katanya, hitung-menghitung di otak aja. Wow~ Ini guru yang beda.

Bisa dibilang kelas 5 SD adalah masa-masa produktif saya sebagai anak sekolah; ikutan lomba ini itu mewakili sekolah, dan Alhamdulillaah beberapa ada hasilnya. Tentunya ini tak lepas dari didikan Pak Oma. Cara mengajar beliau bikin ilmu yang disampaikan lebih nyantol di otak, bikin saya saat itu terbiasa untuk berpikir dan menghitung lebih cepat, bikin saya lebih pede untuk mengacungkan tangan meski sebetulnya mah ragu. 

Pak Oma selalu menyuntikkan semangat dan motivasi untuk saya agar lebih percaya diri serta menghilangkan keraguan yang sering banget muncul.

Dari Pak Oma juga saya jadi sadar sejak dulu bagaimana realita kehidupan seorang guru. Bagian ini tidak usah dituliskan, ya. Nanti saya sedih.

Pak Oma—wali kelas saat saya duduk di bangku 5 SD— adalah salah satu guru yang sangat berkesan. Beliau mengajarkan banyak hal kepada saya, membangunkan saya dari 'tidur' (meskipun setelahnya pas SMP dan SMK jadi 'tidur' lagi, sih. Huhuhuhuhuhuhu.), dan mau percaya sama saya.

Mendapat kesempatan diajari oleh Pak Oma merupakan salah satu privilege di hidup saya, dan saya sangat mensyukurinya. 


Terima kasih banyak, Pak Oma. Semoga pahala ilmu yang bermanfaat selalu tercurah untuk Bapak. 



*****

Sebetulnya masih ada pendidik yang sangat berkesan buat saya dan berjasa banyak (semua guru tentu berjasa, sih.). Tapi saya mulai dari Pak Oma, karena saya memang lagi kepikiran beliau. Mau banget ketemu, tapi nggak tau beliau di mana. Semoga nanti ada jalan untuk tau keberadaannya. 


Salam,

🐱

You Might Also Like

0 komentar

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.