Serba-serbi anak kos gadungan

Selama hidup, pertama kalinya saya merantau adalah pada akhir Agustus 2020, yaitu saat awal-awal kerja di eFishery. Waktu itu belum ada kebi...

Selama hidup, pertama kalinya saya merantau adalah pada akhir Agustus 2020, yaitu saat awal-awal kerja di eFishery. Waktu itu belum ada kebijakan untuk Work From Anywhere, meski sebetulnya sedang WFH karena covid masih ramai. Tapi buat jaga-jaga bakal harus ke kantor, akhirnya saya beneran ke Bandung aja, nggak enak juga sama ibu kosan kalau tunda-tunda. 

Ngg... sebenarnya nggak tau beneran bisa dibilang merantau apa enggak, soalnya masih lingkup Jawa Barat. Bekasi-Bandung tuh nggak jauh-jauh amat! Haha. Cuma untuk menyenangkan diri ini, yaudahlahya mari kita sebut merantau. Soalnya ini hal yang baru buat saya.

Dulu pas tau bakal 'keluar kandang' alias akhirnya bakal tinggal agak jauh dari orang tua, rasanya ribet banget! Sodara, teman-teman pada kasih pesan macem-macem. Belum lagi karena khawatir ini itu, ujungnya bawaan saya terasa over. Bahkan waktu itu ibu kosan sampe bilang, "Wah, banyak juga ya ternyata bawaannya. Kirain dikit karena kan dari Bekasi."

Menjelang pindahan, udah mulai ada hawa-hawa sendu. Lalu saat resmi jadi anak kosan, tepatnya saat ditinggal mama ayah saya balik lagi ke Bekasi setelah nganter dengan adegan dadah-dadah-annya, saya langsung balik ke kamar dan tentu saja nangis. HAHAHAHAHAHA. :"D 

Asli kalau diingat-ingat kok drama banget. Untung nggak ada adegan main piano kayak Sherina dan nyanyi,

hatiku sedih

hatiku gundah

tak ingin pergi berpisah.

   

Kayaknya waktu itu saya sedih-sedih-an lumayan lama sambil tiduran di lantai, seolah tidak peduli akan masuk angin. Dan setelah capek, akhirnya saya lanjut rapihin kamar, lalu mandi. Malamnya saya bertemu Kiki, sesama tim data dan yang kasih tau saya juga tentang kosan ini. Kamar kiki di lantai atas, dan kebetulan baru balik juga setelah dari Jakarta.

Oh iya! Dulu ekspektasi saya tuh akan bisa seseruan bareng penghuni kosan lainnya. Ternyata, tidak, saudara-saudara sekalian~. Pada suka mengendap di kamar masing-masing. Haha. Dulu saya sampai pesen paket donat gitu buat dibagi-bagiin ke penghuni kosan lain, sekalian biar saya bisa kenalan sama mereka. Soalnya saya bingung banget buat ajak kenalan orang. Waktu itu mama saya pun bilang kalau harus baik ke tetangga kamar kosan, karena yang paling dekat sama saya nantinya mereka. 

paket donat buat teman kosan

prediksi teman yang jadi kenyataan

pesan dari teman di hari H


Selama jadi anak kos, hidup saya seperti sama aja sih kayak di rumah. Di kamar mulu._.

Waktu itu mau eksplor Bandung juga agak takut, soalnya covid masih rame, sih. Jadi ujungnya di kamar lagi, kamar lagi. Bolak balik antara kamar, dapur, toilet. Pas awal-awal sempat olahraga bareng Kiki, tapi lama-kelamaan nggak lagi. Hahaha. Sisanya, kadang saya ke Borma buat beli bahan masakan kalau lagi rajin. Dulu jarang ke kantor, cuma beberapa kali aja masih bisa dihitung jari satu tangan. 

Menjadi anak kos selama sekitar sebulan pun berjalan cukup lancar dengan berbagai pengalaman dan kesan baru. Lalu saya balik ke Bekasi selama sebulan. Abis itu baru balik lagi ke Bandung, tinggal di kosan lagi selama sebulan. Hingga akhirnya saya sakit di kosan. Sendirian. 

Begini ternyata rasanya sakit di kosan........

Nggak enak banget!

Alhamdulillaah-nya udah ada aplikasi yang memudahkan; bisa berobat online, dianterin obatnya, pesen makan pun begitu. Dulu saya beneran sampe nggak berdaya nggak kuat untuk bangun dalam waktu lama karena sepertinya dehidrasi juga. Cuma waktu itu saya masih sempat bela-belain rapihin kamar sama cuci piring gelas karena saya pikir kalau sampai saya kenapa-napa, setidaknya nggak malu-maluin dan nggak terlalu ngerepotin orang lain. 

Waktu itu saya dijemput orang tua saya karena beneran nggak sanggup kalau harus pulang sendiri. Saya juga nggak enak untuk kabarin ibu kosan dan minta tolong anterin ke rumah sakit. Walhasil, saat itu saya resmi meninggalkan kosan lagi selama hampir dua bulan.

Kosan saya dibiarkan begitu saja; dibayar tanpa dihuni. Syukurnya ada desas-desus kalau akan WFA, dan setelah memastikan ke Mas Ans, saya pun memutuskan untuk keluar kosan. Saya sempat ke sana lagi selama seminggu lebih untuk beberes dan semacamnya.

Awal Februari, akhirnya saya melepaskan status sebagai anak kosan gadungan.

Meski gadungan, tapi setidaknya pernah merasakan.


Salam,

🐱



You Might Also Like

0 komentar

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.