Tujuan

If your life is missing purpose, everything else will have no meaning. Everything else around you would just lose meaning. Hmm... Kok bisa y...

If your life is missing purpose, everything else will have no meaning. Everything else around you would just lose meaning.

Hmm... Kok bisa ya missing purpose jadi bikin semuanya nggak ada artinya lagi?

"When you lose purpose, then you compete for things"

Duh, berkompetisi dalam hal-hal sementara di dunia ini sepertinya memang bikin capek, dan nggak akan ada puasnya. Selalu ada pakaian dan aksesoris yang makin bagus, makin mahal, belum lagi para pengguna media sosial update OOTD-nya . Selalu ada hp atau gadget lain yang makin canggih. Ada aja kafe kekinian yang muncul di sekitaran kita. Teman sudah punya mobil keluaran terbaru, kita masih motor keluaran sekian tahun lalu. Tiap pekan ada story yang jalan-jalan ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Tidak ada habisnya, jika semua-semua-semua diinginkan, atau jadi bahan perbandingan, serta rasa tidak ingin dikalahkan.  

Ternyata itu termasuk akibat dari nggak punya tujuan.

Iya sih sebenarnya hal-hal yang disebut itu bisa bikin bahagia. Tapi, kebahagiaan bisa datang dan pergi (dengan cepat) untuk hal-hal sementara seperti itu.

"When purpose is there, all of these things come and they make you happy. They give you some fuel, but you're never comparing yourself. You're never competing."

Nggak mikirin orang dengan segala hal duniawi yang dimilikinya. 

Cukup. Merasa cukup.

Eh tapi bentar! Sebenarnya apa 'purpose' yang dimaksud?

"You're on a road, that you haven't accomplished."

Oh... Itulah kenapa kalau punya tujuan itu kita nggak akan membandingkan dan berkompetisi, kecuali perihal apakah saya terus melangkah? Apakah saya masih di jalan ini? Apakah saya berprogress? 

***

Hidup bisa nggak ada artinya kalau nggak punya tujuan tersebut. Semoga tujuan ini selalu hadir, melekat dalam hidup. 

Hidup bisa capek kalau terus-terusan mengikuti arus kompetisi hal duniawi. Bahagianya cepat datang, cepat pula pamit kembali dalam sekejap mata. Semoga bisa selalu merasa cukup dan tidak sering terlena terhadap dunia yang sementara. Semoga kebahagiaan hakiki bisa diraih. 

Berbuat kebaikan, meski dalam keadaan kurang lapang.

Berbuat kebaikan, sekecil apa pun itu. Nggak ada yang tau se-berarti apa kebaikan kecil yang kita lakukan bagi orang lainnya.

Kalau salah minta maaf dan perbaiki. 

Wahai diri, tolong ingat-ingat dengan baik.

***


Kalimat yang mencerahkan tentang purpose ini bersumber dari ceramahnya Ust. Nouman Ali Khan dengan judul Be Purposeful in Life, ya.




You Might Also Like

0 komentar

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.